SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan kepala desa atau pilkades. (Solopos-Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, SRAGEN — Sebanyak 28 calon kepala desa (cakades) di 10 desa dari delapan kecamatan di Sragen berkompetisi merebut kursi kepala desa (kades) dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2023 yang dihelat 11 Oktober 2023 mendatang. Kini, tahapan Pilkades itu baru memsuki penetapan daftar pemilih sementara (DPS).

Kabid Penataan dan Pembinaan Administrasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sragen, Heru Cahyono, saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (2/9/2023), mengungkapkan 28 cakades itu siap berkompetisi dalam Pilkades Serentak di 10 desa, yakni di Desa Banyurip (Jenar), Puro (Karangmalang), Sunggingan (Miri), Girimargo (Miri), Doyong (Miri), Ngrombo (Plupuh), Jambeyan (Sambirejo), Jetak (Sidoharjo), Kedungupit (Sragen), dan Ngandul (Sumberlawang).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Dari 10 desa itu, Heru menyebut calon terbanyak ada di Girimargo Miri dengan lima orang cakades dan disusul Desa Jambeyan dengan empat cakades. Heri mengatakan Pilkades Serentak itu memasuki tahapan penetapan DPS pada 1 September 2023 lalu.

Kemudian nanti dilanjutkan dengan pengumuman DPS yakni pada 4-6 September 2023. “Setelah DPS nanti ada daftar pemilih tambahan dan kemudian penetapan DPT. Pengumuman DPT dilakukan pada 18-20 September. Tahapan kampanye dimulai awal Oktober, dilanjutkan masa tenang, hingga pencoblosan,” jelasnya.

Heru menyampaikan setiap tahapan itu berjalan di bawah monitoring tim kecamatan. Heru mengatakan DPMD memonitor lewat koordinasi dengan Tim Desk Pilkades di setiap kecamatan.

Berikut Daftar Cakades dalam Pilkades Serentak 2023

No   Desa/Kecamatan                                    Nama Cakades

1       Banyurip (Jenar)                                           1. Suroto 2. Darto

2       Puro (Karangmalang)                                  1. Sri Hartati, SH 2. Suyanto, SH, MH.

3       Sunggingan (Miri)                                        1. Gunawan 2. Iswadi

4       Girimargo (Miri)                                          1. HKS Landung Budianto 2. Giman 3. Sukirno 4. Gatot Wardoyo 5. Samin, SPd. MPd.

5       Doyong (Miri)                                               1. Anindita Widi Setyaningtya 2. Joko Mulyono 3. Sarwono

6       Ngrombo (Plupuh)                                      1. Eko Wahyu Mamad Arfianto, MPd. 2. Drs. Eko Purwanto, MPd. 3 Drs. H. Giyanto, MPd.

7       Jambeyan (Sambirejo)                                1. Zubaedi 2. Anis Nugroho 3. Supardi 4. Hartana

8       Jetak (Sidoharjo)                                         1. Kusyanto 2. Joko Siswoyo 3. Siswanto, SPd. MH.

9       Kedungupit (Sragen Kota)                         1. Nur Suwanto 2. Suryanto, SE

10     Ngandul (Sumberlawang)                          1. Supriyanto 2. Setyaningsih

Sumber: DPMD Sragen. (trh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya