SOLOPOS.COM - Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo yang kini bergelar KGPAA Mangkunagoro X. (Solopos/Afifah Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLO–Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo yang baru-baru ini dikukuhkan menjadi K.G.P.A.A. Mangkunagoro X pada Jumat (12/3/2022) lalu, membeberkan harapannya menjelang hari ulang tahun.

Bhre sendiri diketahui lahir pada 29 Maret 1997 dan genap berusia 25 tahun pada 2022. Ihwal ulang tahunnya tersebut dibenarkan oleh Bhre sendiri seusai dirinya mengunjungi perpustakaan Reksa Pustaka Pura Mangkunegaran, Jumat (18/3/2022).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Oh ya, jadi tanggal 29 [Maret],” kata Bhre saat ditemui Solopos.com.

Dalam unggahan akun Instagram Perpustakaan Reksa Pustaka (reksopustokolibrary) Sabtu (19/3/2022), diketahui Bhre berkunjung ke Reksa Pustaka untuk berbincang dan berdiskusi bersama abdi dalem Reksa Pustaka mengenai road map perjalanan ke depan Reksa Pustaka.

Bhre yang saat itu memakai kemeja berwarna hitam keluar dari ruang yang menyimpan berbagai macam manuskrip, buku, dan arsip milik Pura Mangkunegaran itu. Setelah itu, Bhre membeberkan harapannya. Ia berharap, di usia 25 tahun tersebut mampu membawa dirinya menjadi pribadi yang bermanfaat.

“Di ulang tahun ke-25 nanti ya semoga saya secara pribadi ingin jadi orang yang lebih bermanfaat lah,” imbuh dia.

Sementara itu, telah ada rancangan program prioritas Bhre berupa digitalisasi dokumen dan regenerasi. Akun instagram reksopustokolibrary menuliskan, Bhre berpesan jika perpustakaan harus menjadi landasan fundamental dalam pelestarian adat dan budaya Mangkunegaran. Untuk itu harus berlandaskan pada riset ilmiah dengan melibatkan instansi mau pun komunitas.

Bhre berharap di usianya yang ke-25, segala urusan-urusannya dalam menjalankan tanggung jawabnya di Pura Mangkunegaran dapat berjalan lancar dan sebaik-baiknya. Selain itu, ia ingin menjadi orang yang bermanfaat khususnya bagi keluarga dan abdi dalem Mangkunegaran.

“Semoga nanti ke depannya lancar Mangkunegarannya, untuk ya tetap melestarikan Mangkunegaran lah, mengembangkan Mangkunegaran dengan sebaik-baiknya. Saya ingin secara pribadi lebih bermanfaat bagi orang-orang di sekitar saya atau keluarga untuk para abdi dalem. Ya, ingin jadi pribadi yang lebih baik lah,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya