SOLOPOS.COM - Danrem 074/Warastratama  Kolonel Inf Anan Nurakhman. (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO—Sekira 3.500 personel TNI/Polri akan dikerahkan untuk mengamankan kegiatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama mengikuti kegiatan Jalan Sehat Menuju 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Kota Solo pada Minggu (22/1/2023) pukul 06.00 WIB.

Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi, mengatakan pengamanan Presiden dilakukan sesuai prosedur yang sudah ada. Namun, menurut dia, pengamanan yang dilakukan akan tetap memberikan ruang berinteraksi antara masyarakat dengan Presiden.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Presiden sosok yang dekat dengan masyarakat. Beliau tidak mau aparat menghalangi kedekatan beliau dengan masyarakat. Artinya pola pengamanan kami fleksibel,” ungkap dia usai Apel Gelar Pasukan Pengamanan Presiden, Jumat (20/1/2023).

Iwan mengatakan jangan sampai kehadiran kehadiran petugas keamanan membuat tidak nyaman masyarakat. Apalagi bila menilik rencana kegiatan yang akan dilakukan pada Minggu pagi, Presiden membaur dengan peserta jalan sehat dan masyarakat.

“Kehadiran Presiden Minggu untuk jalan sehat berbaur dengan masyarakat. Tentu jadi tugas kami baik TNI/Polri untuk membuat semua berjalan baik. Kami amankan, tapi dari kenyamanan, tak mengganggu masyarakat dan presiden,” ungkap dia.

Iwan mengatakan petugas keamanan yang akan dikerahkan lebih dari 3.500 personel. Dari jumlah itu terdiri 1.286 personel Polri, dan sisanya personel TNI. Tapi jumlah itu bisa berubah menyesuaikan dengan perkembangan atau dinamika di lapangan.

Apalagi kegiatan jalan sehat akan melewati Jl Slamet Riyadi Solo dimana digelar Car Free Day (CFD). “Jumlahnya mungkin bisa lebih. Angka itu akan dinamis bagaimana pergerakan di lapangan. Seperti diketahui besok bareng pelaksanaan CFD,” urai dia.

Sedangkan Danrem 074/Warastratama, Kolonel Inf Anan Nurakhman, mengatakan kegatan Jalan Sehat Menuju 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) diperkirakan akan diikuti 50.000 orang. Untuk itu pengamanan dilakukan sesuai prosedur berlaku.

“Sudah kami siapkan pengamanan, dari mulai start sampai finish, termasuk rangkaian kegiatan Presiden dan Ibu di Solo. Kita antisipasi semua. Kita hari ini lakukan gelar pasukan, agar nanti harapannya berjalan dengan aman, lancar,” ujar dia.

Anan menjelaskan ribuan personel TNI/Polri akan disebar di sepanjang rute jalan sehat dan lokasi kegiatan.

“Kita rencanakan sesuai SOP. Kami gelar pasukan, cek rute, lalu tempat acara di mana. Termasuk kami datangkan dari Kostrad,” urai dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya