SOLOPOS.COM - Pemkot Solo menggelar debat kandidat Sekda Solo di Balai Kota, Sabtu (28/10/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–Tiga calon Sekda Solo bakal adu gagasan di hadapan warga secara hibrida di Pendapi Gede Balai Kota Solo, Sabtu (28/10/2023) malam. Debat itu diselenggarakan Pemkot Solo kali pertama pada tahapan seleksi Sekda.

“Warga bisa memberikan penilaian, bisa tahu gagasan dari para kandidat Sekda Solo, warga bisa mengukur. Meskipun proses seleksi sekda sudah melibatkan warga dengan baik, ada penelusuran rekam jejak, masyarakat memberikan penilaian,” kata Kepala Bagian Protokol, Komunikasi, dan Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kota Solo Herwin Tri Nugroho kepada Solopos.com, Rabu (25/10/2023) siang.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Selain itu, lanjut Herwin, debat calon Sekda Solo bisa menjadi pertimbangan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka untuk menentukan calon Sekda pilihannya sebelum dilantik pada 1 Desember 2023 menggantikan Sekda Solo Ahyani yang pensiun.

Menurut dia, sejumlah isu yang bakal dibahas dalam debat, antara lain pelayanan publik, ekonomi secara makro, pengelolaan birokrasi, peningkatan kesejahteraan masyarakat, pengendalian inflasi, digitalisasi daerah, perencanaan pembangunan, dan kemampuan APBD Kota Solo.

Herwin menjelaskan Pemkot Solo mengundang perwakilan aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Solo, pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK), DPRD Kota Solo, dan mitra Pemkot Solo.

“Itu terbuka untuk masyarakat. Kami akan menyediakan layar besar bagi warga. Apabila Pendapi Gede sudah penuh, warga masih bisa menyaksikan melalui layar itu,” jelas dia.

Herwin mengatakan ada sejumlah panelis yang terlibat pada debat calon Sekda Solo akhir pekan ini, di antaranya perwakilan birokrat, jurnalis, tokoh masyarakat, akademisi, dan dunia usaha.

Selain debat, kata Herwin, Pemkot Solo menyediakan hiburan dengan menampilkan orkes humor Pecas Ndahe Solo dan menyediakan lapak bagi UMKM. Produk yang dijual adalah makanan dan minuman.

Debat kandidat Sekda Solo 2023 dimulai pukul 19.30 WIB. Warga juga bisa menyaksikan melalui live streaming Youtube @Batiksolotv.

Adapun tiga kandidat Sekda Solo 2023, adalah Kepala Badan Kepegawaian Keuangan dan Aset Daerah Kota Solo, Budi Murtono; Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Solo, Kinkin Sultanul Hakim; dan Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Solo, Tulus Widajat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya