SOLOPOS.COM - Kapolres dan Dandim Sragen meninjau langsung pelaksanaan Pilkades PAW serentak yang dihelat di Balai Desa Toyogo, Kecamatan Sambungmacan, Rabu (28/2/2024). (Istimewa/DPMD Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Tiga desa di Kabupaten Sragen serentak menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) pergantian antarwaktu (PAW), Rabu (28/2/2024). Proses pilkades PAW berjalan lancar dan cukup menegangkan, terutama di Desa Jati, Kecamatan Masaran karena hanya selisih satu suara.

Selain Desa Jati, dua desa lain yang menggelar pilkades PAW itu yakni Desa Toyogo, Kecamatan Sambungmacan dan Desa Pungsari, Kecamatan Plupuh. Dari ketiganya, hanya Desa Toyogo yang mendapat perhatian dari Polres Sragen dan Kodim 0725/Sragen.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kapolres Sragen AKBP Jamal Alam bersama Dandim 0725/Sragen Yoga Yastinanda sampai meninjau langsung ke lokasi Pilkades PAW Desa Toyogo karena disinyalir menghangat sejak awal.

Di Desa Toyogo ada tiga calon kepala desa (cakades) dengan jumlah pemilih 67 orang tetapi yang hadir hanya 66 orang. Ketiga cakades itu yakni mantan kades Radijoko, Suhartono, dan juragan sapi yang juga pensiunan direktur bank, Suraji. Hasilnya, Suraji mendapat suara terbanyak yakni 35 suara (53,03%) dari 66 suara sah. Sementara mantan kades Radijoko mendapat 22 suara dan Suhartono 9 suara.

Selain Toyogo, kompetisi paling sengit terjadi di Desa Jati. Dari tiga cakades yang berkompetisi, persaingan ketat terjadi antara Suharno yang dulu pernah menjadi anggota DPRD Sragen dan Sudarmono yang merupakan perangkat Desa Jati.

“Jadi saat surat suara tinggal satu lembar yang belum dihitung sempat terjadi angka yang sama untuk perolehan Suharno dan Sudarmono. Surat suara terakhir itu menjadi penentu kemenangan. Akhirnya surat suara terakhir itu jatuh kepada Sudarmono sehingga angkanya 28 suara sedangkan Suharno mendapat 27 suara,” ujar Kabid Penataan dan Pembinaan Administrasi Desa Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Desa (DPMD) Sragen, Heru Cahyono, kepada Solopos.com, Rabu sore.

Satu cakades lain yang seorang pengusaha BTS hanya dapat tujuh suara.

Sementara Pilkades PAW di Pungsari, Plupuh yang hanya diikuti dua cakades dan dimenangi mantan Kades Pungsari, Suparmin, dengan suara mutlak 35 suara dari total 39 pemilih.

Sebelum pemilihan dimulai, para cakades diberi kesempatan untuk menyampaikan visi dan misi. Awalnya pemilihan kades ditempuh dengan jalur musyawarah mufakat. Namun pada akhirnya pemilihan kades dilakukan dengan voting.

“Ada tiga tim dari DPMD yang mengawasi tahapan Musdes Pilkades PAW itu. Kebetulan saya ditugaskan ke Toyogo, Sambungmacan. Tadi memang Pak Kapolres dan Dandim juga meninjau langsung ke Toyogo,” jelas Heru. Cakades terpilih akan dilantik pada Jumat (8/3/2024) mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya