SOLOPOS.COM - Petugas Satlantas mengecek kesiapan jalur tol fungsional Solo-Jogja di wilayah Banyudono, Boyolali, Senin (1/4/2024) petang. (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Tol Solo-Jogja akan kembali dibuka secara fungsional untuk arus mudik dan balik Lebaran 2024 mulai Jumat (5/4/2024) atau tiga hari lagi hingga Senin (15/4/2024).

Pada arus mudik, 5-11 April, tol fungsional dibuka dari arah Kartasura menuju Klaten. Pemudik ataupun masyarakat yang ingin melintas bisa masuk melalui dua gerbang tol (GT), yaitu GT Colomadu dan GT Banyudono.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

GT Colomadu untuk pengendara dari tol Trans Jawa yang ingin menuju Klaten/Jogja lewat tol fungsional. Sedangkan GT Banyudono untuk pemudik atau masyarakat dari jalur arteri arah Solo maupun Boyolali/Semarang.

Tol fungsional akan dibuka pukul 06.00 WIB-17.00 WIB. Kasatlantas Polres Boyolali, AKP Agista Ryan Mulyanto, menyampaikan bagi masyarakat yang berkendara lewat Tol Transjawa dari KM 492 menuju Gerbang Tol Colomadu dan langsung masuk ke jalur tol fungsional Solo-Jogja.

“Untuk yang lewat arteri Solo-Semarang bisa masuk melalui Gerbang Tol Banyudono,” kata dia saat ditemui wartawan di tol fungsional Solo-Jogja wilayah Banyudono, Boyolali, Senin (1/4/2024) petang.

Ia menjelaskan pada pembukaan tol fungsional sebelumnya sempat ada pengemudi yang keluar dari Gerbang Tol Mojosongo lalu menuju jalan arteri Solo-Semarang dan masuk ke tol fungsional lewat GT Banyudono.

Padahal, mereka bisa langsung dari Tol Trans Jawa menuju tol fungsional Solo-Jogja lewat GT Colomadu. Agista meminta masyarakat yang melewati tol fungsional Solo-Jogja dapat mematuhi batas kecepatan 40 km/jam.

Pos Pantau

“Kondisi jalan sudah cor beton, bagus. Kami tadi sudah survei hingga Ngawen. Untuk tol fungsional ini hampir 23 kilometer, terhitung dari Colomadu yaitu STA 0. Lalu keluar Karanganom itu STA 13 Klaten, lalu di STA 23 keluar di Ngawen, Klaten,” kata dia.

Kendaraan yang boleh melintas di tol fungsional Solo-Jogja hanya golongan I yakni kendaraan roda empat nonbus dan nontruk. Agista memperkirakan puncak arus mudik Lebaran 2024 akan terjadi pada Jumat-Minggu (5-7/4/2024). Sedangkan puncak arus balik pada Sabtu-Senin (13-15/4/2024).

“Tol fungsional ini kemungkinan akan dua arah. Dari Karanganom sampai Colomadu dan Banyudono, tapi Karanganom sampai Ngawen belum bisa dua arah, baru satu arah,” kata dia.

Satlantas Polres Boyolali bakal menyiapkan tim urai dan mendirikan pos pantau. Ia mengatakan ada tiga pos polisi yang akan didirikan sepanjang tol fungsional Lebaran yakni di Banyudono, Karanganom, dan Ngawen.

Ada pula cara bertindak (CB) ketika terjadi kemacetan di jalur tol fungsional. Semisal terdapat emergency atau kedaruratan, tiga Satlantas dari Boyolali, Karanganyar, dan Klaten untuk bertindak. Jika terjadi kepadatan, tol fungsional akan ditutup dan pemudik diarahkan ke jalan arteri menuju Kartasura.

Satlantas Polres Boyolali juga berkoordinasi dengan Pertamina Mobile apabila ada kendaraan yang kehabisan bahan bakar di tol fungsional. “Kami juga bekerja sama dengan bengkel mobile [untuk mobil yang rusak di jalur tol fungsional,” jelas Agista.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya