SOLOPOS.COM - Ilustrasi tes virus corona (Covid-19). (Freepik)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Tiga pasien positif virus corona atau Covid-19 klaster Gowa di Karanganyar dinyatakan sembuh pada Selasa (19/5/2020). Mereka berasal dari Tasikmadu dan Colomadu.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, tiga orang itu terkonfirmasi positif Covid-19 pada Kamis (14/5/2020). Mereka terdiri atas dua orang warga Kecamatan Tasikmadu dan satu orang warga Kecamatan Colomadu.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menyampaikan kabar tersebut saat dihubungi Solopos.com, Selasa. "Tiga pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sembuh hari ini. Mereka klaster Gowa semua. Dua orang dari Tasikmadu dan satu orang dari Colomadu," kata Bupati.

217 Pedagang Pasar Juwangi Boyolali Disasar Rapid Test Covid-19, Bagaimana Hasilnya?

Menurut Yuli, sapaan akrabnya, tiga pasien positif corona Karanganyar yang sembuh itu saat ini sudah pulang ke rumah dengan diantar petugas rumah sakit. Mereka dinyatakan sembuh berdasar hasil tes swab.

Selama ini tiga pasien mantan peserta Ijtima Ulama di Gowa, Sulawesi Selatan, itu dirawat di RS Kasih Ibu Solo. Menurut Juliyatmono, semua mantan peserta Ijtima Gowa terus dipantau setelah kepulangan mereka pada akhir Maret 2020.

Namun, hasil rapid test awal menunjukan mereka negatif atau nonreaktif. Mereka diminta melakukan karantina mandiri.

Positif Virus Corona Boyolali Tambah 1 Jadi 20 Orang, Sambi Masuk Zona Risiko Sangat Tinggi

Pemkab melakukan rapid test kepada warga Karanganyar yang melakukan perjalanan ke acara Ijtima Gowa. Hasilnya 18 orang reaktif. Pemkab melakukan rapid test secara periodik terhadap 18 orang itu.

Karantina Mandiri

Setelah itu warga Karanganyar tersebut menjalani swab test dan sebagian hasilnya positif corona. Mereka tetap menjalani karantina mandiri sembari menunggu hasil swab test.

Data yang dihimpun Solopos.com dari website covid19.karanganyarkab.go.id, jumlah orang terkonfirmasi positif Covid-19 totalnya 25 orang.

Bukan Di Kantor Pos, Ini Lokasi Penyaluran BST Kemensos Rp600.000 Untuk Warga Sukoharjo

Pasien positif corona di Karanganyar itu perinciannya, 16 orang sembuh, tiga orang meninggal dunia, dan enam orang dalam perawatan. Selain itu jumlah orang dalam pemantauan (ODP) 35 orang dan pasien dalam pemantauan (PDP) 21 orang.

"Ini cepat [proses penyembuhan]. Makanya kan saya bilang tinggal menunggu sembuh semua. Jadi yang di rumah sakit tinggal enam orang ya yang terkonfirmasi positif Covid-19," jelas dia.

Enam pasien positif corona yang dirawat itu tidak ada yang dari klaster Gowa. Namun, salah satunya tenaga kesehatan dari Desa Selokaton, Kecamatan Gondangrejo. "Itu istrinya malah sudah sembuh," kata Yuli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya