SOLOPOS.COM - Para anggota BPBD Sragen dan sukarelawan SAR Sragen melakukan assesmen di lokasi terdampak luapan Sungai Kenatan di wilayah Desa Kebonromo, Kecamatan Ngrampal, Sragen, Jumat (23/12/2022) malam. (Istimewa/BPBD Sragen)

Solopos.com, SRAGEN—Tiga anak sungai Bengawan Solo meluap mengakibatkan banjir di empat wilayah kecamatan di Sragen pada Jumat (23/12/2022) malam.

Air merendam jalan perkampungan dan sempat masuk ke rumah penduduk serta ke fasilitas kesehatan Puskesmas Masaran 2 Sragen. Genangan air itu hanya selama lima jam terhitung mulai pukul 20.10 WIB dan surut pada Sabtu (24/12/2022) pukul 01.30 WIB.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Sebanyak 50 personel gabungan dari unsur Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, Polri, Dina Pekerjaan Umum (DPU), aparat Kecamatan Masaran, perangkat Desa Kliwonan, dan surakelawan SAR penanggulangan bencana se-Kabupaten Sragen bergerak untuk penanganan banjir tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Sragen, Agus Cahyono, saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (24/12/2022) pagi, menerangkan banjir tersebut disebabkan karena tiga anak sungai Bengawan Solo meluap, yakni Sungai Mungkung, Sungai Kenatan, dan Sungai Grompol. Luapan tiga sungai itu menggenangi wilayah Kecamatan Sidoharjo, Masaran, Ngrampal, dan Sragen Kota.

“Banjir itu disebabkan karena hujan deras dengan durasi lama yang menguyur wilayah sepanjang aliran tiga sungai tersebut mulai pukul 14.00 WIB. Akibatnya, jalan permukiman tergenang air sampai ketinggian 50 cm dan air ada yang memasuki rumah warga serta puskesmas. Banjir itu juga mengakibatkan satu jembatan antardesa di Desa Kliwonan, Masaran putus,” jelas Agus.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 24 Desember 2022, Siaga Kemungkinan Ada Banjir

Agus menjelaskan banjir di wilayah Kecamatan Sidoharjo terjadi di Dukuh Wirun RT 018 dan RT 019  serta di Dukuh Kleco Kulon RT 010, Desa Sidoharjo, dengan ketinggian air 10-60 cm di jalan permukiman warga akibat meluapnya Sungai Mungkung. Dia mengatakan jalan terganggu tetapi mulai pukul 22.05 WIB sudah mulai surut.

Dia melanjutkan di wilayah Kecamatan Masaran, air luapan Sungai Grompol sempat menggenangi Puskesmas Masaran 2, Sragen. Dia mengatakan tim sukarelawan SAR membantu mengevakuasi lima orang pasien yang salah satunya pasien persalinan.

Agus menyebut empat pasien lainnya dipulangkan karena merupakan pasien penyakit ringan, yakni batuk, flu, dan pusing-pusing.

Evakuasi pasien, kata dia, dilakukan dengan menggunakan ambulans Pukesmas Masaran 2, ambulans Alfa 01 PMI Sragen, ambulans rescue medic Alfa 06 PSC 119 Sukowati Sragen, dan ambulans SAR Poldes dari Puskesmas Masaran 2 menuju ke klinik kesehatan di Gronong, Masaran.

Baca Juga: Laju Air di Kali Jenes Mandek, Muka Air Bengawan Solo Masih Siaga Merah

“Air juga menggenangi jalan kampung di Dukuh Nogosari RT 011, Desa Sidodadi, Masaran, dengan ketinggian air 30 cm. Kemudian di Dukuh Driyan ada lima RT yang terdampak luapan Sungai Grompol dengan ketinggian air 30 cm. Akibatnya, ada empat rumah di RT 007/RW 002, Driyan, Sidodadi, yang ikut terdampak banjir dan mulai pukul 22.40 WIB mulai surut,” jelas dia.

Agus melanjutkan genangan air juga dilaporkan di Dukuh Grompol RT 004 dan RT 005 dengan ketinggian air 30 cm. Genangan air yang sama, kata dia, dilaporkan di Jalan Gronong-Plupuh tetapu mulai pukul 22.40 WIB mulai surut. Dia mengatakan di Kliwonan ada jembatan yang putus karena pilarnya tiak kurang menahan barongan bambu.

“Lalu di Dukuh Tanggung Mulyo RT 017 dan RT 018, Desa Karangmalang, Masaran, ada delapan rumah yang terdampak luapan Sungai Grompol. Sementara di Ngrampal, luapan Sungai Kenatan menggenangi permukiman di Dukuh Ngringin RT 012, Desa Kebonromo, dengan ketinggian air 10-20 WIB dan mulai pukul 20.00 WIB surut. Kemudian di Sragen, luapan Sungai Mungkung menggenangi Dukuh Tugu Desa Tangkil dengan ketinggian air 20 cm,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya