SOLOPOS.COM - Warga duduk di salah satu cafe sambil menikmati panorama alam di Waduk Cengklik, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Kamis (30/3/2023) (Solopos/Oriza Vilosa).

Solopos.com, BOYOLALI–Masyarakat Kabupaten Boyolali dan sekitarnya yang ingin berwisata saat libur Lebaran tak perlu bingung. Daerah yang dikenal sebagai penghasil susu sapi itu memiliki cukup banyak tempat wisata.

Waduk atau danau buatan bisa menjadi alternatif tujuan wisata keluarga saat di Boyolali selama momentum Lebaran. Waduk-waduk di Boyolali bisa dijadikan tempat healing bersama keluarga, sanak saudara, dan sahabat.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Selain panorama perairan, waduk di Boyolali juga menawarkan wisata kuliner. Di kawasan tepi waduk terdapat warung makan yang menyajikan berbagai menu. Bahkan, di sekitar Waduk Cengklik terdapat kafe berlatar pemandangan waduk.

Setidaknya ada tiga waduk di Boyolali yang dapat dikunjungi masyarakat selama libur Lebaran. Berikut ulasannya dikutip dari kabaralam.com, Kamis (20/4/2023).

1. Waduk Bade

Waduk Bade terletak di Desa Bade, Kecamatan Klego, Kabupten Boyolali, Jawa Tengah. Pemandangan dan lanskap yang mengelilingi waduk cukup memesona.

Akun @wisataboyolali menyebut di sekitaran waduk ini sudah banyak dibangun fasilitas seperti pembangunan taman bersantai yang cocok untuk menikmati keindahan waduk.

2. Waduk Cengklik

Waduk Cengklik dibangun 1926 hingga 1928 merupakan peninggalan Belanda. Lokasinya dekat dengan Bandara Internasional Adisumarmo.

Waduk seluas 250 hektare (ha) ini menarik untuk dikunjungi karena keindahan lanskap alamnya. Waduk Cengklik menjadi spot yang tepat untuk menikmati matahari tenggelam.

3. Waduk Kedung Ombo (WKO)

Selain di wilayah Kabupaten Boyolali, Waduk Kedung Ombo terletak di Kabupaten Grobogan dan Sragen. Waduk Kedung Ombo mempunyai area seluas lebih kurang 6.576 ha yang terdiri atas lahan perairan seluas 2.830 ha dan lahan dataran seluas 3.746 ha.

Waduk Kedung Ombo dikelilingi banyak pohon yang tumbuh di area waduk sehingga membuat suasana lebih asri dan rindang sehingga membuat para pengunjung betah di sana.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya