SOLOPOS.COM - Edutorium UMS di Jl Adi Sucipto, Solo, yang akan menjadi lokasi pelaksanaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah, 18-20 November mendatang. (Solopos/Suharsih)

Solopos.com, SUKOHARJO — Panitia Penerima Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah menyiapkan puluhan kendaraan bus dan ojek bagi jutaan penggembira yang diperkirakan akan datang ke Solo saat pelaksanaan muktamar, 18-20 November mendatang.

Koordinator Transportasi Sie Penggembira Muktamar, Andika, mengatakan panitia telah menyiapkan dua jenis tranportasi. Tujuannya untuk meringankan beban penggembira, karena mereka datang jauh-jauh dari Aceh, bahkan Malaysia, Singapura.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Kami mencoba membantu mereka dengan memberikan layanan transportasi,” kata Andika pada Solopos.com, Sabtu (5/11/2022). Selain itu, panitia juga mengantisipasi membeludaknya jumlah penggembira.

Dengan adanya layanan transportasi untuk mereka, panitia berharap dapat menekan penggunaan kendaraan pribadi di kawasan Soloraya yang berpotensi memicu kemacetan. Andika menyebut dua jenis transportasi yang disiapkan bagi penggembira Muktamar Muhammadiyah di Solo yakni ShuttleMU dan Ojekmu.

ShuttleMu berkonsep seperti bus Batik Solo Trans (BST) dengan jam operasional pukul 08.00 WIB-16.00 WIB untuk rute De Tjolomadoe-Edutoirum-Manahan-Mangkunegaran-Pasar Klewer dan rute Edutorium-Kampus UMS.

Baca Juga: Warga Muhammadiyah di Mesir dan Malaysia Pastikan Hadiri Muktamar di Solo

Dilanjutkan pukul 17.00 WIB-21.00 WIB melayani jalur De Tjolomadoe- Edutorium-UMS-The Heritage Palace-Waduk Cengklik Park. Panitia akan menyiapkan 30 unit bus dengan kapasitas kurang lebih 45 orang atau 35 tempat duduk.

Perekrutan Pengemudi OjekMu

Pengadaan armada transportasi tersebut dilakukan secara mandiri, namun pelaksanaannya akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kota Solo. Penggembira muktamar dapat mengakses SuttleMu tanpa dikenai biaya dengan menggunakan ID card atau atribut Muhammadiyah.

“Untuk ShuttleMu hanya dapat diakses oleh penggembira yang datang,” lanjut Andika. Selain ShuttleMu, koordinator transportasi penggembira menyiapkan transportasi roda dua dengan sebutan OjekMu.

“Kami buat khusus untuk Muktamar perekrutannya [pengemudi OjekMu] dari masyarakat umum, baik warga Muhammadiyah maupun non-Muhammadiyah, tidak membedakan,” kata Andika.

Baca Juga: Sebagian Peserta Muktamar Muhammadiyah akan Menginap di Masjid Colomadu

Bagi masyarakat yang tertarik, persyaratan yang harus dipenuhi adalah memiliki kendaraan bermotor roda dua dengan kelengkapan surat berkendara. Selain itu, mereka juga memiliki dua helm.

Sebelumnya, panitia hanya membuka kuota pengemudi OjekMu untuk 1.000 orang. Namun karena antusiasme yang tinggi dari para pendaftar, mereka menambah kuota hingga 1.500 orang.

Lokasi Penjemputan OjekMu

“Kami pikir semakin banyak semakin baik, karena membuka lapangan pekerjaan, dan penggembira Muktamar Muhammadiyah di Solo dapat terbantu,” lanjut Andika. Tarif yang dikenakan bagi masyarakat pengguna OjekMu yakni Rp10.000 pada 5 km pertama dan Rp5.000 pada 5 km berikutnya.

Andika melanjutkan lokasi penjemputan akan disebar di halte ShuttleMu, tempat wisata, restoran, Pasar Klewer, tempat publik seperti bandara dan stasiun. Selain tempat-tempat tersebut, OjekMu akan berada di lokasi para penggembira menginap.

Baca Juga: Catat! Daftar Hotel di Boyolali yang Masih Kosong untuk Muktamar Muhammadiyah

“Titiknya kami belum memetakan secara pasti, nanti setelah tanggal 10 November 2022 baru bisa kami tetapkan,” lanjut Andika. Pendaftaran pengemudi OjekMu melalui nomor 081804487140 atau 0817226350 sudah ditutup pada Sabtu (5/11/2022) pukul 14.00 WIB karena kuota telah terpenuhi.

Dalam pendaftaran, masyarakat akan dikenai biaya Rp25.000 dan mendapatkan rompi sebagai identitas. Mekanisme pemesanan Ojekmu untuk sementara bisa manual dengan menemui driver di pangkalan atau menggunakan aplikasi yang sedang dikembangkan tim IT Muktamar.

“Aplikasi OjekMu sampai saat ini masih dalam pengembangan, diharapkan tim IT Muktamar dapat menyelesaikan aplikasi sebelum 17 November 2022,” lanjut Andika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya