SOLOPOS.COM - Ilustrasi listrik prabayar. (pln.co.id)

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 350.000 pelanggan rumah tangga di Solo dan sekitarnya bakal memeroleh layanan listrik gratis maupun diskon 50%. Hal itu menyusul kebijakan Pemerintah untuk meringankan beban masyarakat terdampak Covid-19 dalam membayar listrik.

Dalam hal ini Pemerintah memberikan layanan listrik gratis bagi pelanggan daya 450 volt ampere (VA). Sementara bagi pelanggan listrik daya 900 VA bersubsidi akan mendapat keringanan atau diskon 50% selama tiga bulan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Isu Corona Tak Kuat Panas, Begini Penjelasan WHO

Manager Bidang Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan Kantor PLN UP3 Surakarta, Andi Kurniawan, mengatakan ada sekitar 350.000 pelanggan di wilayahnya yang bakal menikmati fasilitas dari Pemerintah ini. Jumlah sebanyak itu termasuk pelanggan pascabayar maupun prabayar.

“Sesuai ketentuan yang dirilis PLN pusat, untuk pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar akan langsung dibebaskan tagihannya pada April, Mei, dan Juni. Sementara untuk pelanggan prabayar dapat memerolehnya dengan mengirimkan nomor ID pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau melalui situs PLN www.pln.co.id. Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir,” ujarnya, kepada Solopos.com, Jumat (3/4/2020)

Andi menjelaskan diskon tarif untuk pelanggan rumah tangga subsidi 900 VA bagi pelanggan pascabayar, rekening yang harus dibayarkan pada setiap bulannya akan dikurangi 50%. Sementara bagi pelanggan prabayar, token listrik gratis sebesar 50% akan diberikan kepada pelanggan di Solo, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Terkini! 1.986 Kasus Positif Corona di Indonesia, Jateng Jadi 114

Mekanisme

Mekanisme pengambilan token gratis untuk pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan diskon 50% untuk pelanggan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi melalui situs. Caranya, buka alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus Covid-19.

Kemudian masukkan ID pelanggan atau nomor meter kemudian token gratis akan ditampilkan di layar. Lalu, pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan.

Selain itu, pelanggan juga bisa mengakses melalui pesan Whatsapp ke nomor 08122-123-123. Dengan cara, membuka aplikasi Whatsapp, chat ke nomor 08122-123-123, ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID pelanggan. Setelah itu, token gratis akan muncul.

Liga 3 Belum Jelas, Jersey Anyar Persebi Boyolali Sudah Jadi

Selanjutnya, pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan. Dengan ID pelanggan tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

24 Juta Pelanggan

Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka, mengatakan saat ini ada sekitar 24 juta data pelanggan rumah tangga 450 VA, ditambah 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem. Proses ini akan tuntas dalam sepekan ke depan sehingga seluruh pelanggan yang digratiskan dan mendapatkan diskon sudah dapat terlayani seluruhnya.

“Proses pembagian token bebas tagihan dan diskon tarif listrik ini memang bertahap, yang sudah dimulai pada 1 April, paling lambat tanggal 11 April seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati program tersebut,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya