SOLOPOS.COM - Ketua Harian Dekranas Tri Tito Karnavian. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO– Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) bakal menggelar parade mobil hias, kriya, dan budaya dari Stadion Sriwedari sampai Balai Kota Solo, Rabu (15/5/2024). Peserta dari 38 provinsi akan memadati Jl Slamet Riyadi.

Ketua Bidang Wirausaha Baru Dekranas Endang Budi Karya menjelaskan semua pengurus Dekranasda provinsi antusias mengikuti parade dengan mendaftar kepada panitia HUT ke-44 Dekranas.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Dekranas HUT Dekranas Pemkot Solo
Ketua Bidang Wirausaha Baru Dekranas Endang Budi Karya. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

“Ada 101 kendaraan mobil hias dari masing-masing Dekranasda kota/kabupaten/provinsi yang akan berpartisipasi dengan menghias sesuai potensi daerahnya. Nanti ada penjurian, piala Ibu Negara,” jelas dia kepada wartawan melalui jumpa pers virtual, Rabu (8/5/2024).

Dia mengatakan parade itu akan menempuh jarak 2,3 kilometer yang dimulai pukul 14.00 WIB sampai selesai. Defile berupa peserta dengan mengenakan busana adat sekitar 2.000 orang, diikuti mobil peserta lomba, para pengurus Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dari berbagai daerah.

“Dekranas menyiapkan mobil angklung, musik, dan mobil Rajamala. Kami melibatkan 150 penari dan pemusik. Belum lagi Dekranasda provinsi lainnya yang akan menjadi tontonan akbar. Masyarakat disuguhkan budaya kriya, kerajinan, visual seluruh Indonesia,” ungkap dia.

Menurut Endang, Kota Solo merupakan kota yang unik dengan adanya Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan Praja Mangkunegaran. Dekranas sudah berkoordinasi menyiapkan acara dengan Pemkot Solo dan Pemprov Jateng hampir setahun.

Ketua Harian Dekranas Tri Tito Karnavian menjelaskan perayaan hari ulang tahun (HUT) Dekranas selalu diselenggarakan di Jakarta. Kemudian HUT ke-43 dipusatkan di Medan. Lalu HUT ke-44 digelar di Kota Solo, pekan depan.

“Di Medan tahun lalu, kami dapat tawaran dari Pemerintah Provinsi Jateng lalu diputuskan di Solo. Kami menyiapkan acara lebih meriah dengan persiapan hampir satu tahun,” jelas dia saat jumpa pers secara virtual, Rabu (8/5/2024).

Menurut dia, Dekranas mengusung tema Tumbuh Bersama Memajukan Budaya Warisan Bangsa. Dekranas menggandeng 11 kementerian sehingga program pemerintah dapat diaplikasikan kepada para perajin di seluruh Indonesia.

“Dekranas membawahi Dekranasda provinsi di mana istri kepala daerah atau pendamping kepala daerah membantu para perajin secara langsung. Mudah-mudahan Dekranas bisa membantu pemerintah meningkatkan ekonomi khususnya sektor kerajinan nasional yang merupakan warisan budaya Indonesia,” ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya