SOLOPOS.COM - Peserta lomba foto dan video Klaten on the Spot 3.0 mengikuti lomba di kawasan Pasar Gedhe Klaten, Minggu (12/11/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Klaten menggelar lomba foto dan video di Pasar Gedhe Klaten, Minggu (12/11/2023). Lomba itu untuk mengenalkan Pasar Gedhe Klaten yang belum lama ini kembali dioperasikan setelah proses revitalisasi rampung.

Jumlah peserta yang mendaftar lomba foto dan video itu sekitar 385 orang. Mereka berasal dari berbagai daerah mulai dari Klaten, Jogja, Soloraya, Jakarta, hingga Jawa Timur.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Para peserta menjelajahi berbagai spot di pasar yang menurut mereka menarik untuk diabadikan melalui kamera foto maupun video. Selain Pasar Gedhe Klaten, para peserta lomba foto dan video bertajuk Klaten on the Spot 3.0 tersebut diminta mengenalkan berbagai potensi dan tempat kuliner di Klaten.

Lomba foto dan video digelar pada 12-18 November 2023. Hadiah untuk pemenang lomba foto mulai dari Rp500.000 hingga Rp5 juta. Sementara hadiah untuk pemenang lomba video mulai dari Rp1 juta hingga Rp6 juta.

Kepala Diskominfo Klaten, Amin Mustofa, mengatakan Klaten on the Spot sudah kali ketiga digelar. Lomba pertama digelar di Rawa Jombor dan berikutnya di Objek Mata Air Cokro.

Pada dua kali lomba sebelumnya hanya terbatas pada lomba foto. Baru pada tahun ini, ada penambahan untuk lomba video. “Tadi saya survei kecil-kecilan dan ada harapan agar lomba foto dan video seperti ini menjadi agenda rutin,” kata Amin.

Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jajang Prihono, mengatakan jumlah total peserta hampir 400 orang dan berasal dari berbagai daerah. Jajang mengapresiasi pemilihan spot foto di Pasar Gedhe Klaten.

“Ini kolaborasi yang sangat bagus dari Diskominfo dan DKUKMP sekaligus untuk menyosialisasikan dan mengenalkan Pasar Gedhe Klaten,” kata Jajang.

Selain Pasar Gedhe Klaten, Jajang menjelaskan peserta diminta untuk menggali potensi kuliner di Kabupaten Bersinar. “Harapan saya dalam lomba ini tidak semata-mata dari sisi estetik foto maupun video. Lebih dari itu, saya berharap dalam foto dan video itu harus ada isi pesan yang disampaikan. Itu menjadi poin penting untuk menceritakan apa saja potensi di Klaten,” ungkap dia.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (DKUKMP) Klaten, Anang Widjatmoko, berharap lomba foto dan video yang mengambil lokasi di Pasar Gedhe Klaten semakin mengenalkan potensi yang ada di pasar tersebut. “Harapannya dengan kegiatan seperti ini semakin banyak orang tahu dan potensi di Pasar Gedhe Klaten luar biasa,” kata Anang.

Sejumlah peserta mengaku terkesan dengan kondisi bangunan Pasar Gedhe Klaten yang bersih dan besar. “Kalau menurut saya pasarnya bagus, tempatnya bersih,” kata salah satu peserta dari Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, Dodik, 47.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya