SOLOPOS.COM - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karanganyar, Ridwanita Priliastuti. (Instagram/@bawaslukabkaranganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Sebanyak 398 peserta seleksi anggota panitia pengawas kecamatan (panwascam) Kabupaten Karanganyar dinyatakan lolos administrasi. Mereka akan mengikuti seleksi tertulis pada Sabtu (15/10/2022) di gedung SMK Negeri 2 Karanganyar.

Terkait itu, Ketua Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Karanganyar, Ahmad Rosidi, meminta penyelenggara pemilu transparan dalam melakukan perekrutan tenaga Adhoc tersebut. Jangan sampai penyelenggara pemilu mencoreng nilai-nilai demokrasi dalam menyeleksi calon petugas penyelenggara pemilu.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Seleksi anggota panwascam harus dilakukan transparan,” kata Dosen UIN Raden Mas Said Surakarta ini, Jumat (14/10/2022).

Selaku penyelenggara pemilu, Bawaslu diminta benar-benar melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai Undang-undang. Jangan sampai ada penyelenggara pemilu justru mencoreng nilai-nilai demokrasi saat memproses perekrutan.

Perekrutan tenaga Adhoc oleh penyelenggara pemilu merupakan momentum tepat institusi itu dalam mengamalkan demokrasi. Bawaslu yang mengampu pengawasan pemilu tak boleh bercela di internalnya.

Baca Juga: Tak Mampu Sendirian, Bawaslu Karanganyar Ajak Masyarakat Ikut Awasi Pemilu

Rosidi pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk proaktif dalam mengawasi penyelenggara pemilu, terutama Bawaslu dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) .

Ketua Bawaslu Karanganyar, Nuning Ridwanita Priliastuti, mengatakan perekrutan anggota Panwascam masih berjalan. Nantinya setiap kecamatan akan diampu tiga anggota Panwascam.  Secara keseluruhan kebutuhan anggota Panwascam di Kabupaten Karanganyar ada 51 orang.

“Kita butuh 51 orang untuk 17 kecamatan. Sekarang tahapannya baru akan tes tertulis Sabtu besok,” katanya.

Baca Juga: Pendaftaran Ditutup, 229 Orang Minat Jadi Panwascam di Karanganyar

Seleksi tertulis digelar menggunakan computer assisted test (CAT) yang hasilnya akan keluar seketika. Dari hasil tersebut akan diambil enam besar peraih nilai tertinggi di masing-masing kecamatan untuk kemudian mengikuti tes wawancara pada 19-22 Oktober mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya