SOLOPOS.COM - Suasana Exit Tol Fungsional Solo - Jogja di Kateguhan, Sawit, Kamis (20/4/2023) sore. (Solopos.com/Ni'matul Faizah).

Solopos.com, SUKOHARJO–Jumlah kendaraan bermotor yang melewati ruas jalan tol fungsional Solo-Jogja pada Kamis (20/4/2023) mencatatkan rekor terbanyak sejak dibuka pada Jumat (14/4/2023).

Pada hari ini, jumlah kendaraan bermotor pemudik yang melewati ruas jalan tol sepanjang 6 km itu sebanyak lebih dari 4.000 unit.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Tol fungsional Solo-Jogja mulai dari Exit Tol Colomadu hingga Kateguhan, Kecamatan Sawit, Boyolali resmi dibuka sejak Jumat lalu. Hal itu untuk memecah kepadatan arus lalu lintas di sepanjang ruas Jalan Solo-Jogja menjelang Lebaran. Tol fungsional itu digunakan para pemudik yang hendak pulang ke kampung halaman.

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo Heri Prasetyo mengatakan jumlah kendaraan bermotor yang melewati tol fungsional Solo-Jogja pada Kamis hingga pukul 16.00 WIB sekitar 4.000 unit.

“Ini rekor jumlah kendaraan bermotor yang melewati tol fungsional Solo-Jogja saat arus mudik Lebaran. Sebelumnya hanya 100 unit-200 unit kendaraan bermotor setiap hari,” kata dia saat berbincang dengan Solopos.com, Kamis.

Sebelumnya, jumlah kendaraan bermotor yang melewati tol fungsional Solo-Jogja sekitar 3.000 unit pada Rabu (19/4/2023). Lonjakan volume kendaraan bermotor yang melewati tol Solo-Jogja seiring masa cuti Lebaran bagi aparatur sipil negara (ASN).

Gelombang mudik mulai berdatangan sejak Rabu baik melewati ruas jalan arteri maupun jalan tol. “Besok [Jumat] tetap ada pemudik yang melakukan perjalanan menuju kampung halaman. Namun, tak sebanyak Rabu dan Kamis,” ujar dia.

Kepala Dishub Sukoharjo Toni Sri Buntoro mengatakan jumlah kendaraan bermotor yang melewati Bundaran Kartasura pada H-2 Lebaran sebanyak 53.906 unit. Angka ini meningkat sekitar 58,60% dibanding hari biasa.

Kondisi arus lalu lintas terpadat terpantau pada pukul 16.00 WIB-17.00 WIB. Sedangkan, jumlah kendaraan bermotor yang melewati simpang empat Bulakrejo sebanyak 49.531 unit atau meningkat sekitar 40,23% dibanding hari biasa.

“Khusus simpang empat Bulakrejo, mayoritas kendaraan bermotor menuju arah Kota Sukoharjo, Wonogiri, Pacitan, dan Ponorogo. Daerah tersebut memang kantong-kantong pemudik di Jawa Tengah dan Jawa Timur,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya