SOLOPOS.COM - Istana Pura Mangkunegaran. (Puromangkunegaran.com)

Solopos.com, SOLO — Pura Mangkunegaran adalah salah satu istana megah di Kota Solo, Jawa Tengah, yang masih eksis. Istana peninggala Kerajaan Mataram Islam itu memiliki spot tersembunyi yang menyimpan misteri.

Tidak banyak orang tahu apa saja yang ada di balik dinding istana tersebut. Oleh sebab itu, omunitas pencinta sejarah, Solo Societeit, mengadakan kegiatan jelajah Pura Mankunegaran dengan tema Harta Karun Praja Mangkunegaran yang diikuti peserta umum dari berbagai daerah, Minggu (27/3/2022).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Para peserta diajak menjelajah spot-spot menarik dan tersembunyi di Kompleks Pura Mangkunegaran. Ketua Komunitas Solo Societeit, Dani Saptoni, menjelaskan kegiatan rutin yang diadakan satu pekan sekali ini berfokus pada pengenalan sejarah Pura Mangkunegaran dan spot-spot penting dan menarik yang belum diketahui banyak orang.

“Jadi kami berusaha membumikan sejarah dan menampilkan kisah-kisah tersembunyi Mangkunegaran yang bisa kami aktualisasi secara kontekstual dengan kondisi zaman sekarang,” katanya kepada Solopos.com, Minggu (27/3/2022).

Baca juga: Paundrakarna Jadi Pangeran Sepuh, Pura Mangkunegaran: Salah Pengertian

Harta karun tersembunyi di Pura Mangkunegaran Solo:

1. Rumah Keluaga Kerajaan

Pura Mangkunegaran Solo adalah rumah keluarga kerajaan yang mempersilakan masyarakat umum mengunjunginya sekaligus memperkenalkan budaya Jawa. Tempat ini tidak seperti tempat wisata yang mana pengunjung bebas berfoto. Melainkan rumah keluarga Mangkunegaran yang masih menerapkan adat budaya Jawa.

Saat memasuki kawasan Kavallerie-Artillerie di belakang Masjid Al Wustho, pengunjung harus menaati sejumlah peraturan. Mulai dari melepas alas kaki dan tidak merekam gambar apapun di dalamnya.

2. Museum Mangkunegaran

Museum Pura Mangkunegaran Solo menyimpan koleksi benda bersejarah sebagai harta karun yang dikumpulkan sejak tahun 1926. Museum ini dibuka untuk umum pada 1968 yang dikelola oleh pihak Pura Mangkunegaran.

Museum ini menempati bangunan utama bernama Dalem Ageng. Di dalamnya terdapat koleksi benda bersejarah yang tertata rapi. Serta perhiasan milik raja dan permaisuri. Sama seperti di rumah keluarga kerajaan, pengunjung juga tidak diperkenankan mengambil gambar di dalam museum.

Baca juga: Jelajahi Spot-Spot Tersembunyi di Mangkunegaran Solo, Ada Apa Saja Ya?

3. Malaikat Emas

Saat memasuki pendopo Pura Mangkunegaran Solo, pengunjung akan melihat dua ornamen malaikat emas yang mengapit perisai logo MN. Guide atau Pemandu Wisata Pura Mangkunegaran Solo, Aji Dharma Sakti, mengatakan ornamen dua angel dan patung singa tersebut memiliki arti dan harapan baik untuk keluarga Mangkunegaran Solo.

Aji menuturkan ornamen dua malaikat bukan hanya berada di kanopi Pendapa Pura Mangkunegaran. Ornamen malaikat juga ada di lampu-lampu gantung Pendapa Mangkunegaran.

Aji memaparkan angel atau malaikat dalam cerita mitologi Eropa diibaratkan sebagai binatang immortal (abadi). “Saat di-mix dalam hewan mitologi Eropa, angel diartikan hewan yang memiliki kekuatan abadi [immortal]. Nah artinya perlindungan yang abadi untuk keluarga Mangkunegaran,” ungkapnya sembari menunjukkan lampu gantung dengan ornamen malaikat.

4. Patung Singa

Selain itu, harta karun tersembunyi lainnya di Pura Mangkunegaran Solo adalah patung singa di pendopo. Patung dari Berlin, Jerman, itu merupakan simbol kekuasaan dan penjaga sebuah tempat.

“Kenapa patungnya singa, jadi artinya ada dua. Yang pertama singa adalah simbol kekuasaan. Kedua, dalam tradisi Jawa singa disimbolkan penjaga suatu tempat,” ungkapnya sembari memegang patung singa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya