SOLOPOS.COM - Ilustrasi pelajar SMP. (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, KLATEN – Pemkab Klaten memastikan uji coba pembelajaran tatap muka atau PTM baru bergulir di empat sekolah sesuai rencana uji coba yang digulirkan pemerintah provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) pada 5-16 April 2021. Sementara, uji coba PTM di sekolah lain menunggu hasil evaluasi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jaka Sawaldi, mengatakan keempat sekolah yang menggelar uji coba itu pada 5-16 April 2021 berdasarkan penunjukkan dari Pemprov Jateng. Sekolah itu yakni SMAN 3 Klaten, SMKN 3 Klaten, MAN 1 Klaten, serta SMPN 2 Klaten.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Persiapan masih terus dilakukan untuk menggelar PTM di empat sekolah. Salah satunya yakni masing-masing sekolah wajib mengantongi izin dari orang tua. “Itu menjadi salah satu prosedur dari kami,” kata Jaka saat ditemui di Setda Klaten, Rabu (24/3/2021).

Baca Juga: Awas E-Tilang Salah Alamat, Segera Cabut dan Balik Nama BPKB

Uji coba untuk sementara masih terbatas ke empat sekolah tersebut. Sementara, pelaksanaan PTM di sekolah lain menunggu hasil evaluasi dari pelaksanaan uji coba. Begitu pula dengan jenjang SD. Di seluruh SD untuk sementara pembelajaran masih diberlakukan secara daring. “Untuk [PTM] SD menunggu perkembangan lebih lanjut,” kata dia.

Jaka juga menjelaskan ada persyaratan bagi tenaga pendidik dan nonpendidik di empat sekolah yang akan menggelar uji coba PTM pada 5 April 2021 diwajibkan sudah menerima vaksinasi. Lantaran hal itu, mereka diprioritaskan untuk segera mendapatkan vaksin.

Bersabar

Jaka menuturkan banyak orang tua yang menginginkan agar PTM bisa kembali digelar setelah sejak Maret 2020 silam ditiadakan dan diganti dengan pembelajaran jarak jauh menyusul ada pandemi Covid-19. Namun, dia mengimbau orang tua serta siswa untuk sementara waktu bersabar.

“Sebenarnya orang tua menginginkan untuk tatap muka. Tetapi bagaimanapun kami menyesuaikan dan tetap mengutamakan aspek keselamatan,” jelas dia.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Klaten, Ronny Roekmito, mengatakan sesuai SE gubernur, PTM diperbolehkan hanya untuk jenjang SMA, SMK, MA, serta SMP sederajat. Sementara, jenjang SD masih menunggu perkembangan lebih lanjut.

Baca Juga: Sidang Offline Dikabulkan Hakim, PPP Minta Habib Rizieq Jaga Sikap

Ronny juga menjelaskan ada empat sekolah dari jenjang SMA, SMK, MA, serta SMP di Klaten yang menggelar uji coba PTM pada 5 April 2021. Namun, keempat sekolah itu harus memenuhi sejumlah persyaratan seperti para tenaga pendidik dan nonpendidik sekolah-sekolah sudah mendapatkan vaksinasi.

“Pendidiknya dipersyaratan sudah melakukan vaksinasi. Nanti kami prioritaskan. Dinkes sudah menyiapkan vaksin sementara Disdik mendata. Selain vaksinasi, usia pendidik [yang mengajar PTM] di bawah 55 tahun,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya