SOLOPOS.COM - Tempat isolasi terpadu Asrama Haji Donohudan, Boyolali, dinyatakan nol pasien Covid-19.

Solopos.com, KLATEN—Sebanyak empat warga Kecamatan Manisrenggo, Klaten, yang sebelumnya menjalani isolasi di Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali, diizinkan pulang. Hanya, dua orang yang dipulangkan itu harus melanjutkan isolasi mandiri di rumah masing-masing menyusul masih dinyatakan positif Covid-19.

Camat Manisrenggo, Raharjo Budi Setiyono, menjelaskan sebelumnya 10 warga Manisrenggo terkonfirmasi positif Covid-19 menjalani isolasi di Asrama Haji Donohudan. Sebanyak sembilan warga dari Desa Kepurun dan masih satu kerabat. Sementara, satu orang berasal dari Desa Barukan. “Hari ini, dua orang dinyatakan sembuh,” kata Raharjo saat ditemui di Pemkab Klaten, Kamis (27/1/2022).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Meski baru dua orang yang dinyatakan sembuh, namun ada empat orang yang diizinkan pulang dan seluruhnya berasal dari Kepurun. Sebanyak dua orang lainnya masih dalam kondisi positif Covid-19 dan diminta melanjutkan isolasi mandiri di rumah.

Baca Juga: 7 Orang Satu Keluarga di Wonosari Klaten Terpapar Covid-19

“Setelah kami tanyakan kenapa dua orang yang positif juga dipulangkan, memang di sana [Asrama Haji Donohudan] ada batas waktu isolasi selama 14 hari. Jadi dua orang ini 14 hari isolasi di sana jatuhnya hari ini. Oleh karena itu, dua orang yang masih positif termasuk dua orang yang sembuh, kami jemput hari ini menggunakan dua mobil,” kata Raharjo.

“Untuk dua orang yang masih positif ini informasi dari dokter, virusnya itu ibarat tinggal puing-puingnya saja. Tetapi nanti tetap menjalani isolasi mandiri sampai benar-benar dinyatakan negatif dan sudah disiapkan tempatnya di rumah,” imbuhnya.

Raharjo menjelaskan penerapan protokol kesehatan diperketat agar tak lagi terjadi lonjakan kasus Covid-19. Tamu yang datang dari luar kota wajib lapor ke Satgas Penanganan Covid-19 RT/RW untuk memastikan kondisi kesehatan mereka tak terpapar virus corona.

Baca Juga: Covid-19 di Klaten Kembali Meningkat, Operasi Yustisi Digencarkan Lagi

“Kami merapatkan barisan bersama Satgas Penanganan Covid-19 serta satgas Jogo Tonggo. RT/RW juga kami ingatkan agar mendata warga yang datang dari luar daerah,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya