SOLOPOS.COM - Ilustrasi Asrama Haji Donohudan Boyolali. Jumat (15/7/2022). (Istimewa/boyolali.go.id)

Solopos.com, KLATEN – Sebanyak 41 calon haji asal Kabupaten Klaten yang tergabung dalam kloter 96 diberangkatkan menuju Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali, Minggu (18/6/2023) sore.

Pemberangkatan puluhan calon haji itu dilakukan dari halaman Masjid Raya Klaten sekitar pukul 15.00 WIB. Pemberangkatan satu bus yang berisi rombongan calon haji itu dilakukan oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani, dan Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Salah satu petugas dari Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Klaten, Ahmad Asfari, mengatakan sebanyak 41 calon haji itu sebelumnya masuk dalam cadangan.

“Dari cadangan kemudian mereka menjadi reguler dengan jumlah jemaah ada 41 orang. Kalau sebelumnya mereke diprediksikan berangkat pada 2024. Karena dapat panggilan kemudian masuk cadangan dan berangkat tahun ini, jadi bisa dikatakan maju satu tahun,” kata Asfari saat ditemui wartawan sebelum pemberangkatan.

Asfari menjelaskan sebelumnya 1.180 calon haji asal Klaten sudah diberangkatkan dan terbagi dalam empat kloter. Keempat kloter itu yakni kloter 54, 55, 56, dan 57.

“Sehingga untuk yang reguler, Klaten ada lima kloter,” kata Asfari.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan masih ada pemberangkatan satu kloter lagi asal Klaten sebanyak 25 calon haji.

“Dengan tambahan kuota ini, Alhamdulillah dari Kemenag dengan cepat menginformasikan kepada jemaah dan jemaah bisa segera mempersiapkan diri,” kata Mulyani.

Mulyani mengatakan sebelumnya ada satu calon haji asal Klaten yang meninggal dunia sebelum pesawat mendarat di Jeddah.

“Keluarga sudah mengikhlaskan. Semoga seluruh jemaah dari Klaten maupun Indonesia sehat-sehat dan pulang dengan selamat. Ibadah haji ini ibadah fisik, jadi mereka harus menjaga kondisi kesehatan. Di sana pastinya panas sehingga mereka harus sering-sering minum air putih agar tidak dehidrasi. Selain itu kami mengimbau untuk selalu menjaga kekompakan kerukunan bersama,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya