SOLOPOS.COM - Sebanyak 52 bus disiapkan pemerintah untuk mengangkut kaum boro asal Wonogiri kembali ke kota perantauan secara gratis. (Solopos.com/Nova Malinda)

Solopos.com, WONOGIRI – Kaum boro asal Kabupaten Wonogiri dijadwalkan ramai-ramai balik ke kota perantauan pada Jumat (28/4/2023). Sebanyak 49 bus disiapkan pemerintah untuk mengangkut kaum boro asal Wonogiri kembali ke kota perantauan secara gratis.

Pantauan Solopos.com, kaum boro sudah memadati jalan arah Terminal Giri Adipura, Singodutan, Selogiri, sejak 07.45 WIB. Mereka datang berbondong-bondong menunggu keberangkatan bus yang akan mengantarkannya kembali ke perantauan.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Mereka dijadwalkan berangkat sekitar pukul 08.00 WIB. Sebelum berangkat, mereka berlesehan di sekitar area bus. Berbekal perlengkapan pribadi menuju kota rantau, raut wajah sumeringah terpancar dari kaum boro yang puas menikmati momentum Lebaran 2023.

Ada yang berangkat sendiri, ada pula bersama segenap keluarga. Sebagian besar mereka membawa oleh-oleh untuk dibawa kembali ke kota rantau. Selama menunggu keberangkatan bus, perantau disuguhi panggung hiburan sederhana yang disediakan dari pihak terminal.

Di lain sisi, puluhan bus program mudik gratis dari pemerintah pun sudah terparkir rapi di terminal. Bus-bus tersebut dilengkapi tulisan kota tujuan untuk memudahkan kaum boro memilih armada mana yang akan dinaiki.

Salah satu perantau asal Bulu, Rizki Cahyani, bersama dua anak dan suaminya mengikuti program mudik gratis dari pemerintah. Ia bersama segenap keluarga datang ke terminal untuk naik bus gratis dengan tujuan Kampung Rambutan.

Rizki mengaku pulang pergi ke Wonogiri memanfaatkan program mudik gratis pemerintah. Ia sudah satu pekan menikmati momen lebaran di rumah. “Sudah jalan-jalan sampai pantai,” ucap dia saat ditemui di terminal, Jumat (28/4/2023).

Ia mengatakan baru kali pertama mengikuti program mudik dan balik gratis. Sebelumnya, yang mengikuti program mudik gratis tahun lalu hanya suaminya.

“Terima kasih pemerintah, memudahkan sekali pokoknya, apalagi bagi kami yang uangnya pas-pasan tapi bisa pulang, momentum itu sangat berkesan sekali bisa kumpul keluarga,” tutur dia.

Seperti diketahui, bus arus balik gratis di Terminal Giri Adipura Wonogiri dijadwalkan berangkat menuju Jakarta pada Jumat (28/4/2023). Setidaknya ada sekitar 49 bus yang akan diberangkatkan. Petugas pengelola terminal, Andi Prasetyo mengatakan layanan naik bus gratis tersebut berasal program balik gratis dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan DKI Jakarta.

Dari total bus yang akan diberangkatkan, ada 13 bus program balik gratis dari Kemenhub dan 36 bus program balik gratis dari DKI Jakarta.  “Hari jumat, mulai registrasi pukul 08.00 WIB, kemungkinan nanti keberangkatan pukul 10.00 WIB,” ucap dia saat ditemui di kantor.

Pada saat pelepasan nanti akan ada semacam seremonial yang didampingi sejumlah tokoh penting. Salah satunya adalah Bupati Wonogiri, Joko Sutopo. Selain itu, pelepasan juga akan didampingi oleh Kapolres Wonogiri, pihak Dinas Perhubungan Wonogiri. Dalam kegiatan pemberangkatan arus balik dan arus mudik gratis, pihak terminal cukup melakukan tugas pengawasan dan menyediakan fasilitas.

Lebih lanjut, Andi menjelaskan penumpang yang mendapat mudik gratis kemarin secara otomatis juga mendapat fasilitas balik gratis. “Jadi nama-nama dan datanya sudah terangkum,” jelasnya.

Namun dari pengalaman sebelumnya, tidak semua penumpang mudik gratis akan ikut balik gratis. Hal itu dikarenakan beberapa faktor, misalnya kesibukan dari calon penumpang membuatnya tidak bisa menyesuaikan jadwal keberangkatan balik gratis.

Sesuai data yang sudah masuk ke terminal saat itu, tercatat ada 1.944 penumpang yang akan berangkat balik gratis lewat program pemerintah DKI Jakarta. Sementara, Kemenhub belum memberikan keterangan lebih lanjut untuk jumlah penumpang.

Adapun pemerintah DKI Jakarta memfasilitasi dua truk untuk menangkut motor balik gratis. Sementara Kemenhub memfasilitasi satu truk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya