SOLOPOS.COM - Masjid Agung Madaniyah Karanganyar. (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Karanganyar, kabupaten yang terletak di timur Kota Solo, Jawa Tengah ini memiliki beberapa fakta unik yang bikin penasaran warganya.

Kabupaten yang kini dipimpin Bupati Juliyatmono ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Magetan di Jawa Timur. Selain itu, di sebelah selatan, Karanganyar berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri dan Boyolali.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Nama Karanganyar sendiri berasal dari pedukuhan yang berada di daerah ini. Namanya sendiri diberikan oleh Raden Mas Said atau lebih dikenal Mangkunagoro I.

Tetapi, tahukah Anda Karanganyar terdapat beberapa fakta unik yang tidak banyak diketahui warganya, berikut ini di antaranya.

Fakta Unik Karanganyar

1. Punya Wisata Eksklave

Sejarah De Tjolomadoe Karanganyar
De Tjolomadoe Karanganyar. (Istimewa/Instagram @detjolomadoe_official)

Karanganyar menjadi salah satu daerah di Indonesia yang memiliki wilayah ekslave, yakni berada di Colomadu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online, eksklave merupakan suatu negara yang terpisah dan berbentuk suatu enklave. Selain itu, juga bisa diartikan sebagai budaya yang berada jauh dari daerah asal budaya.

Secara geografis, Colomadu merupakan kecamatan yang berbatasan langsung dengan Kota Solo di bagian timur, Kabupaten Boyolali di bagian barat dan utara, serta Kabupaten Sukoharjo di bagian selatan. Jika dilihat di peta, Colomadu memang lebih dekat dengan Kota Solo, Kabupaten Boyolali, maupun Kabupaten Sukoharjo dan jauh terpisah dari kecamatan lainnya di Karanganyar.

Karena terpisah dengan kecamatan lainnya di Karanganyar inilah yang membuat Colomadu disebut wilayah eksklave.

2. Makam Presiden Soeharto

Astana Giribangun
Pintu masuk ke makam utama yang merupakan makam Soehaeto dan istrinya, Tien Soeharto. (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Di Astana Giribangun yang terletak di Desa Girilayu, Kecamatan Matesih terdapat makam Presiden RI ke-2 Soeharto dan keluarganya.

Makam ini terbilang cukup unik karena terletak di lereng Gunung Lawu dengan ketinggian 660 mdpl. Makam ini dibangun di atas sebuah bukit, tepat di bawah Astana Mangadeg yang merupakan komplek pemakaman para penguasa Mangkunegaran.

Selain Soeharto, di Astana Giribangun juga terdapat makam sang istri, Siti Hartinah atau lebih dikenal dengan Ibu Tien Soeharto.

3. Tawanmangu

asal usul karanganyar arti nama tawangmangu, tempat healing karanganayr tanjakan curam karanganyar, kawasan wisata tawangmangu
Gerbang wisata Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. (Youtube)

Destinasi wisata di Kecamatan Tawangmangu menjadi salah satu hal yang bikin warga Karanganyar. Hal ini dikarenakan pesona keindahan Tawangmangu sudah tersohor ke berbagai daerah.

Bahkan, banyak warga kabupaten/kota lainnya di Jawa Tengah berwisata di Tawangmangu yang memiliki suhu yang sejuk dan pemandangan apik khas pegunungan.

Di sini, terdapat beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi, seperti Air Terjun Grojogan Sewu, Wisata Bukit Sekipan, Taman Wisata Balekambang, The Lawu Park, Air Terjun Jumog Putri, hingga Bukit Mongkrang.

4. Salah Satu Kabupaten Terkecil di Jawa Tengah

Karanganyar menjadi salah satu kabupaten terkecil di Jawa Tengah yang menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) luasnya hanya 775.40 km persegi pada 2021.

Kabupaten dengan julukan Bumi Intanpari ini berada di posisi kelima sebagai kabupaten terkecil di Jawa Tengah. Di urutan pertama ada Kudus, kemudian posisi kedua Sukoharjo diikuti Klaten dan di posisi keempat ada Purbalingga yang memiliki luas wilayah 677,50 km persegi.

5. Sate Kelinci dan Landak

Berbicara Karanganyar juga tak bisa lepas dengan jajanan kuliner khasnya. Di lereng Gunung Lawu, tepatnya Tawangmangu, terdapat makanan unik yang wajib dicoba, yakni sate kelinci dan sate landak.

Dua makanan ini sangat jarang ditemukan di tempat lain, selain Karanganyar. Sehingga kamu wajib mencobanya ketika melancong ke Karanganyar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya