SOLOPOS.COM - Pilkada Solo. (Solopos/Whisnu Paksa)

Solopos.com, SOLO—Solopos Institute merilis sejumlah karakter calon pemimpin yang paling disukai atau diinginkan masyarakat Kota Solo.

Data tersebut berdasarkan hasil survei tatap muka yang dilakukan selama lima hari, yaitu pada Sabtu-Rabu (16-20/3/2024). Populasi survei adalah masyarakat Solo yang tersebar di lima wilayah kecamatan.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Dalam rilis yang diterima Solopos.com pada Kamis (4/4/2024) dijelaskan hampir setengah responden atau 49,33 persen, menginginkan tokoh yang dekat dengan masyarakat. Karakter berikutnya tegas 15,05 persen.

Pemimpin Solo juga diharapkan mempunyai kecerdasan 15,05 persen, antikorupsi 10,86 persen dan relijius 4,76 persen. Survei berjudul Dinamika Elektoral Menuju Pilkada 2024 dilakukan Divisi Riset dan Data.

Sampel survei dipilih secara acak di semua kelurahan di setiap kecamatan, dengan jumlah yang proporsional. Syarat menjadi sampel survei adalah warga Solo yang dibuktikan mempunyai KTP Solo.

Selain itu responden sudah mempunyai hak pilih dalam Pemilu 2024, yaitu berumur 17 tahun atau lebih atau sudah menikah ketika survei dilakukan. Penarikan sampel menggunakan multistage random sampling.

Dalam survei tersebut jumlah sampel 525 orang yang berasal dari seluruh kelurahan di lima wilayah kecamatan di Solo. Dengan jumlah responden sebanyak itu, toleransi kesalahan atau margin of error 4,4 persen.

Head of Solopos Institue, Syifaul Arifin, mengatakan dalam pertanyaan terbuka tentang siapa yang akan dipilih sebagai wali kota Solo jika Pilkada Solo diselenggarakan hari ini, muncul 33 nama tokoh yang disebutkan oleh responden.

Karena pertanyaan terbuka, responden bisa menyebutkan tokoh mana saja—termasuk nama-nama tidak mungkin maju dalam Pilkada Solo. Karena itu, pilihan top of mind tidak selalu berkorelasi dengan pilihan simulasi tertutup.

Berikut daftar lengkap elektabilitas 10 figur potensial Cawali-Cawawali Solo 2024:

1. Wawali Solo Teguh Prakosa: 27,62%
2. Mangkunagoro X: 24,76%
3. Kaesang Pangarep: 23,4%
4. Budi Prasetyo: 4,76%
5. Astrid Widayani: 3,62%
6. Sekar Tandjung: 3,62%
7. Rheo Yuliana Fernandez: 1,71%
8. Ginda Ferachtriawan: 0,95%
9. Budi Martono: 0,76%
10. Her Suprabu: 0,38%

Masih ada 8,57 persen responden yang belum menentukan pilihan. Di antara 10 nama tersebut, terdapat tiga tokoh nonpartai politik dan tujuh tokoh partai politik.

Di kalangan nonpartai, ada dua tokoh yang muncul dalam persaingan yaitu Mangkunagoro X danAstrid Widayani. Sedangkan elektabilitas Budi Martono masih kurang dari 1 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya