SOLOPOS.COM - Wakapolres Klaten, Kompol Tri Wakhyuni, berbincang dengan pemilik kereta kuda di Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara, Sabtu (10/12/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Lima kereta kuda dari Paguyuban Bendi Klaten ikut iring-iringan pesta pernikahan Kaesang Pangarep=Erina Gudono, Minggu (11/12/2022). Rute Iring-iringan tersebut dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran. Yang unik, salah satu dari lima kereta kuda asal Klaten tersebut ada yang berusia satu abad.

Kereta kuda itu milik Ketua Paguyuban Bendi Klaten, Warsito, 65. Ditemui di rumahnya di Desa Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara, Warsito mengatakan ada dua kereta kuda miliknya yang digunakan untuk mendukung kirab kereta kuda pernikahan Kaesang-Erina.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Sejak Sabtu (10/12/2022), kedua kereta kuda itu mulai dipersiapkan serta dihias. Satu kereta kuda baru dan satu kereta lainnya merupakan peninggalan orang tuanya. “Ini kalau umurnya 100 tahun ada. Ini warisan ayah saya. Masih asli semua,” kata Warsito menceritakan soal kereta kudanya, Sabtu.

Warsito juga menyiapkan kusir serta kuda yang bakal menarik kereta. Kedua kuda yang disiapkan masing-masing  kuda sandel berumur tujuh tahun yang dia beri nama Satriyo Kinayang, dan kuda peranakan Australia-Sandel berumur tiga tahun namanya Putri Saud,. Stamina kedua kuda itu juga sudah dipersiapkan.

“Kudanya diberi jamu. Satu kuda 10 telur untuk kekuatan jalannya,” kata Warsito.

Baca Juga: Geladi Bersih, Kereta Kuda Pengantin Kaesang-Erina Susuri Jl Slamet Riyadi Solo

Ia menjelaskan kereta kuda itu akan dibawa ke Solo pada Minggu subuh. Tak dinaikkan ke kendaraan, kereta kuda tersebut ditumpangi dari Klaten menuju Solo. “Tidak lama. Paling satu jam [sampai Solo]. Yang penting itu kelancaran selama perjalanan,” jelas Warsito.

Selain dua kereta kuda miliknya, ada tiga kereta kuda milik anggota Paguyuban Bendi Klaten yang bakal ikut iring-iringan pada tasyakuran pernikahan Kaesang-Erina Gudono. Warsito menjelaskan sebelumnya dihubungi panitia pernikahan Kaesang-Erina untuk membantu menyiapkan kereta kuda yang bakal ikut iring-iringan rombongan.

Sementara itu, Polres Klaten mengecek langsung persiapan kereta kuda yang bakal dibawa ke Solo. Pengecekan andong dilakukan Wakapolres Klaten bersama sejumlah perwira Polres dan Polsek.

Baca Juga: Jelang Ngunduh Mantu Nikahan Kaesang, Bunga Favorit Iriana Hiasi Loji Gandrung

Polres Klaten memastikan kereta kuda dari Klaten yang digunakan untuk acara pernikahan Kaesang-Erina sudah siap, baik dari aspek kenyamanan maupun keselamatan. “Kami mengecek kesiapan dari andong tersebut baik perlengkapan dan kesehatan andong itu sendiri. Alhamdulillah semua sudah siap dan nanti malam akan digeser ke Kota Solo. Rencana berangkat besok pukul 03.00 WIB,” ungkap Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo, melalui Wakapolres, Kompol Tri Wakhyuni.

Tri Wakhyuni mengimbau para kusir andong agar berhati-hati selama perjalanan maupun saat mengangkut tamu undangan. “Tentunya yang harus diperhatikan kehati-hatian, mengingat berangkatnya nanti lewat jalur utama,” kata Wakapolres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya