SOLOPOS.COM - Suasana lalu lintas didekat Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan, Banjarsari, Solo, Rabu (16/11/2022). (Solopos/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLO — Sadar enggak sih kamu ternyata Kota Solo, Jawa Tengah, mempunyai sederet keunikan yang tidak ditemukan di tempat lain. Nah, kira-kira apa saja itu?

Kota Solo yang kini dipimpin Wali Kota Gibran Rakabuming Raka belakangan ini dibanjiri event akbar. Mulai dari Muktamar Muhammadiyah ke-48, Asean Para Games 2022, dan kehadiran musisi top Tanah Air hingga mancanegara.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Bukan hanya event, Kota Solo saat ini juga memiliki spot wisata baru, dua di antaranya Solo Safari dan wisata religi di Masjid Raya Sheikh Zayed yang merupakan replika masjid Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Di balik itu semua, Kota Solo ternyata mempunyai lima keunikan yang jarang disadari oleh para warganya. Berikut ini di antaranya.

Hal Unik yang Hanya Ada di Solo

1. Punya Dua Nama

Selain Solo, kota ini juga dikenal dengan nama Surakarta. Dua nama tersebut tak ada yang salah, namun yang paling umum digunakan adalah Solo.

Hal ini dikarenakan Surakarta juga digunakan sebagai nama eks karesidenan yang terdiri dari tujuh wilayah di Soloraya, yakni Boyolali, Sragen, Wonogiri, Klaten, Karanganyar, Solo, dan Sukoharjo.

2. Banyak Julukan

Kota Solo juga memiliki banyak julukan, yakni Kota Batik, Kota Budaya, Kota Liwet, hingga Kota Bengawan.

Selain itu, juga muncul istilah yang identik dengan Kota Solo, yakni putri Solo, wong Solo, Solo Spirit of Java, dan masih banyak lagi.

3. Rel KA di Pinggir Jalan

Hal unik lainnya yang bisa ditemukan di Kota Solo adalah kereta api (KA) yang melintas persis di pusat kota, yakni Jl Slamet Riyadi.

Bahkan, hingga saat ini jalur rel kereta api tersebut masih aktif digunakan hingga sekarang, salah satunya dilintasi KA Batara Kresna dengan rute Purwosari – Wonogiri.

4. Selat

Jika biasanya selat dianggap sebagai wilayah laut yang memisahkan dua pulau, bagi warga Solo, selat merupakan makanan lezat nan menyegarkan.

Selat Solo merupakan perpaduan antara bistik dan salad. Isian dari selat sendiri ada daging sapi, kentang goreng, aneka sayuran yang diguyur kuah cokelat. Rasa manis dan asam dari kuah selat inilah yang membuat kuliner satu ini banyak diburu wisatawan.

5. Kerbau Bule

Kamu juga hanya bisa menemukan kerbua bule di Kota Solo. Hewan peliharaan dari Keraton Kasunanan Surakarta dianggap keramat oleh masyarakat Solo.

Bahkan, sebagian masyarakat di wilayah ini menyimpan kotoran kerbau bule untuk dibawa pulang sebagai pupuk bercocok tanam. Diyakini dengan menggunakan pupuk kotoran kerbau bule, tanaman akan tumbuh subur.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya