SOLOPOS.COM - Seorang pemilih memasukan surat suara setelah dicoblos di salah satu TPS di Desa Pilang, Kecamatan Masaran, Sragen, Selasa (25/10/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Hasil sementara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2022 di 19 desa yang dihimpun Tim Desk Pilkades Kabupaten Sragen menunjukkan lima petahana tumbang. Mereka adalah pertahana di Desa Kalangan (Gemolong), Gabugan (Tanon), Sidokerto (Plupuh), Pilang (Masaran), dan Plumbon (Sambungmacan).

Penjelasan itu diungkapkan Wakil Ketua Desk Pilkades Kabupaten Sragen, Joko Suratno, saat berbincang dengan wartawan di Sragen Command Center Sekretariat Daerah (Setda) Sragen, Selasa (25/10/2022) malam. Joko menerangkan pihaknya menyebar petugas untuk menghimpun hasil penghitungan suara di 19 desa. Hasil perhitungan suara itu disampaikan ke Tim Desk Pilkades Kabupaten Sragen untuk direkap.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Data masuk mulai pukul 15.30 WIB dan selesai pukul 18.10 WIB. Data yang kami himpun ini merupakan data yang bersifat sementara,” ujar Joko.

Setelah penghitungan selesai, panitia Pilkades tingkat desa menetapkan hasil pengitungan suara satu desa dan dilaporkan ke Badan Pemusyawaratan Desa (BPD). Kemudian BPD menindaklanjutinya dengan menetapkan hasil perolehan suara pelaksanaan Pilkades.

Baca Juga: Bupati Sragen dan Polisi Awasi Langsung Pencoblosan Pilkades di 6 Desa Ini

“Ada yang langsung menetapkan malam ini, tetapi menurut jadwal bisa dilakukan Rabu (26/10/2022) besok” katanya.

Dari data yang masuk itu, Joko mengungkapkan ada lima petahana yang tumbang seperti disebutkan di atas. Dari proses penghimpunan data hasil penghitungan suara pilkades, kata dia, data dari Plumbon yang masuk terakhir.

Di Plumbon, lanjut Joko, cakades Eni Nur Suyanti unggul dengan raihan 1.812 suara. Sementara rivalnya yang merupakan petahanan, Totok Aribowo, mendapatkan 1.657 suara.

Hasil Pilkades Pilang

Sementara itu, Wakil Ketua Panitia Pilkades Pilang, Vicky Amin, mengungkapkan dari hasil rekapitulasi suara, cakades atas nama Ibnu Muhammad Nurdin unggul dengan perolehan 2.137 suara. Sedangkan lawannya yang petahana, Sukisno, tumbang dengan hanya meraih 1.510 suara.

Baca Juga: Hanya di Sragen, Ketua RT Dapat Rumah Dinas

Ibnu unggul di TPS 1 dengan 845 suara dan TPS 3 dengan 732 suara. Sedangkan di TPS 2 kalah dengan 560 suara. Sementara cakades Sukisno unggul di TPS 2 saja dengaj 714 suara, sedangkan di TPS 1 dapat 387 suara dan TPS 3 mendapat 409 suara. Jumlah suara sah sebanyak 3.647 suara, suara tidak sah sebanyak 422 suara, dan suara yang tidak terpakai sebanyak 422 surat suara sehingga total 4.142 suara.

Di Desa Kalangan, petahana Suparno mendapat 417 sedangkan rivalnya Sehadi 459 suara.

Di Desa Gabugan Tanon, petahana Loso Sunarto mendapatkan 968 suara sedangkan lawannya, Andriyanto Widodo, unggul dengan 1.311 suara. Kemudian di Desa Sidokerto, Kecamatan Plupuh, Heru Budiyanto mampu mengungguli petahana dengan 1.279 suara sementara petahana Untung memperoleh 752 suara.

Sementara itu, di Desa Jirapan, Masaran, Sragen, perolehan suara unggul untuk petahana, Sindu Praptono, dengan 2.940 suara. Sedangkan lawannya, Setyo Widodo, mendapat 1.052 suara, dan istri petahana,Tri Nurohmawati, mendapat 10 suara.

Baca Juga: Bupati Sragen Terima Info Ada Kelompok Tertentu Bermain di Pilkades Plumbon

Hasil perhitungan suara di wilayah Kecamatan Sidoharjo, Sragen, selesai pada pukul 17.00 WIB. Camat Sidoharjo, Agus Tri Pranoto, menyampaikan data hasil Pilkades Serentak 2022 di Desa Purwosuman dan Jambanan. Di Pilkades Jambanan, cakades petahana Sugino menang mutlak dengan 2.497 suara karena musuhnya istri sendiri, Miyati, yang mendapat 101 suara.

Di Pilkades Purwosuman, petahana Pardi unggul dengan 2.477 suara sedangkam rivalnya, Didik Mardiyanto, mendapat 2.058 suara.  “Di Purwosuman ini jumlah pemilih yang menggunakan haknya sebanyak 4.565 orang dari total pemilih dalam daftar pemilih tetap 5.393 orang. Di Jambanan, pemilih yang hadir 2.641 suara dari total DPT 3.474 orang,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya