SOLOPOS.COM - Artis sinetron Arya Saloka menikmati mi buatan Mie Kalia. (Instagram/@miekalia)

Solopos.com, SUKOHARJO — Terkenal sebagai Kabupaten Jamu, Sukoharjo tak sekadar daerah yang kaya akan obat-obatan herbal. Tempat kuliner di Sukoharjo juga tak kalah asyik, baik dari segi variasi menu maupun rasanya.

Berikut ini enam kuliner viral terbaru di Sukoharjo yang Solopos.com rangkum dari berbagai sumber di antaranya dari Instagram, Senin (4/9/2023):

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

1. Siomay Telkom

batagor telkom
Siomay Telkom. (instagram.com/agendasolo)

Tempat makan ini berlokasi di Tanuragan 2 Gonilan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Jika tak paham lokasi, pembeli dapat membuka di Google Maps  dan mengetikkan “Siomay telkom kotabaru Solo”, petunjuk arah menuju ke lokasi jajanan terkenal ini segera muncul. Siomay Telkom buka mulai dari pukul 10.00-22.00 WIB.

Menu andalan yang lagi viral adalah Indomie batagor yang merupakan sajian Indomie dipadukan dengan batagor dan bumbu kacang yang mantap. Selain itu ada juga menu lainnya, seperti siomay, roti bakar, jagung bakar, ayam geprek, dan lainnya. Menu minuman yang cocok jadi teman makan ada mulai dari aneka susu, teh hingga kopi. Harganya mulai dari Rp2.000/biji.

2. Pecel Lele “Koya” Pak Manto

pecel lele
Warung Koya Pak Manto dengan menu pecel lelenya yang juara. (instagram.com/solokenyang)

Pilihan kuliner malam baru di Sukoharjo, tepatnya di area Pasar Ir. Soekarno Sukoharjo, persis di depan Optik Sari Asih di Jl. Jend. Sudirman, Larangan No.27, Gawanan, Gayam, Sukoharjo. Buka mulai pukul 17.30 WIB sampai habis.

Pecel lele yang best seller dengan segarnya ulegan kemangi, cabai, dan tomat ini menggugah lidah. Tak hanya pecel lele, di warung makan ini juga menjual soto koya yang tak kalah lezat.

3. Warkop Ojok Lali

Warung makan ini berlokasi di Jl. Maespati AJ No.5,  Perum Gading Permai Raya, Grogol, Sukoharjo (Gang Timur SDN 2 Grogol). Warkop Ojok Lali buka mulai dari jam 08.00-22.00 WIB. Pembeli juga dapat mencari di Google Maps “Warkop & Playstation Ojok Lali”.

Berdasarkan laman Instagram @jelajahsolo, warung makan ini menjual berbagai olahan iga dengan harga murah meriah yaitu Rp20.000 saja per porsi. Menu olahan iga yang tersedia di antaranya rawon iga, sup iga, gulai, sop merah. Tak hanya iga, di Wakop Ojok Lali juga menyajikan menu lain seperti soto ayam, nasi ayam geprek, dan lainnya.

Menariknya, Warkop Ojok Lali juga menyediakan rental Playstation dan juga WiFi gratis lur.

4. Mie Kalia

mie kalia
Mie ayam pangsit dan pangsit pedas jadi menu andalan pemburu kuliner di Mie Kalia. (soloinfo.id)

Mie Kalia berlokasi di Jl. Al Kautsar, RT 2/RW 3, Mendungan, Pabelan, Sukoharjo. Buka setiap hari mulai pukul  11.30-15.30 WIB dan khusus hari Jumat libur. Tempat makan ini menjual berbagai macam jenis makanan/minuman seperti, Singaporean fishball noodle, mi yamin, pangsit kuah, gorengan, mi ayam, dan aneka minuman.

Menu andalan di sini yaitu yamin pangsit yang dibanderol seharga Rp18.000 dengan mi spesial pipih dengan rasa manis gurih dilengkapi topping ayam cincang, pangsit rebus, dan sayur. Kemudian juga ada pangsit pedas dan mi pedas (Singaporean fishball noodle) seharga Rp20.000 dengan mi lebar pedas dilengkapi ayam cincang, bakso ikan, dan kuah segar.

5. Mi Ayam Goreng Pak Tulus

mi ayam goreng
Mie ayam goreng dengan pangsit gurih yang nggak pelit dilengkapi ceker. (instagram.com/jajansolo)

Warung mi ayam Pak Tulus menyajikan menu mi ayam yang sedikit berbeda di banding yang lain. Perbedaan itu terletak pada daging ayamnya yang digoreng sehingga lebih kering. Mi ayam goreng ini dibanderol murah  Rp10.000/porsi. Jika ditambah ceker jadi Rp12.000. Mi ayam goreng ini rasanya jadi mantap dengan bumbunya yang meluber dan meresap.

Pembeli bisa juga request level kepedasan, cocok untuk para pencinta pedas! Warung ini berlokasi di Dukuh Bulak, Desa Dukuh, Kecamatan Mojolaban, atau bisa melalui google maps “Mie Ayam Pak Tulus”. Buka setiap hari mulai pukul 11.00-21.00 WIB dan khusus hari Jumat tutup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya