SOLOPOS.COM - Ratusan orang dari berbagai daerah mendatangi Masjid Agung Madaniyah Karanganyar untuk melihat keindahan masjid tersebut, beberapa waktu lalu. Di bulan Ramadan nanti, masjid juga akan digunakan untuk salat tarawih berjamaah. (Solopos/ Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Bulan Ramadan selalu menghadirikan nuansa dan sensasi berbeda. Di Bulan Suci ini Masjid menjadi ramai, PKL penjual makanan bermunculan, hingga tempat wisata dan nongkrong ramai dikunjungi menjelang Magrib tiba.

Kebiasaan menunggu waktu berbuka puasa biasa dikenal dengan istilah ngabuburit. Istilah ngabuburit berasa dari bahasa Sunda dari asal kata burit yang artinya sore.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Di Karanganyar, banyak spot menarik yang bisa Anda jadikan tempat untuk bersantai sambil menunggu waktu berbuka alias ngabuburit tadi. Mulai dari area publik hingga destinasi wisata alam. Berikut ini rekomendasi 5 tempat ngabuburit asik di Kabupaten Karanganyar versi Solopos.com.

Baca Juga: Waduk Delingan Karanganyar, Dibuat Belanda Diresmikan Mangkunegoro VII

1. Masjid Agung Madaniyah Karanganyar

masjid agung karanganyar
Tanaman hias mempercantik halaman Masjid Agung Madaniyah Karanganyar. Tanaman tersebut dipasok dari Kampung Nglurah, Kelurahan/Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Foto diambil Jumat (18/3/2022). (Espos/Akhmad Ludiyanto)

Bangunan megah di sisi barat Alun-alun Karanganyar yang sedang hype ini menjadi tempat yang paling direkomendasikan untuk menghabiskan waktu menunggu berbuka puasa. Anda seolah-olah dibawa ke Timur Tengah saat berada di Masjid Agung Madaniyah Karanganyar ini. Wajar saja lantaranya masjid yang menelan dana lebih dari Rp89 miliar ini didesain meniru Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi.

Ada banyak hal yang membuat masjid ini menarik dikunjungi. Selain empat menara besar yang menjulang ke angkasa dan pintu-pintu berkelir emas dengan ukuran besar, keberadaan empat payung raksasa di teras depan membuat masjid ini berbeda dengan masjid pada umumnya. Payung ini bisa membuka dan menutup seperti di Masjid Nabawi. proses membuka dan menutupnya payung ini menjadi tontonan menarik pengunjung.

Anda akan betah berlama-lama berada di Masjid yang bisa menampung 4.000 orang jemaah ini. Anda bisa berzikir, mengaji, melakukan salat sunah dan ibadah lain di masjid ini sambil menunggu waktu berbuka.

Baca Juga: Boleh Mudik Lebaran 2022, Begini Respons Pengusaha Wisata Tawangmangu

2. Kebun Teh Kemuning

objek wisata kebun teh kemuning
Pengunjung berfoto di kebun teh Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar (Sunaryo HB/JIBI/Solopos)

Siapa sih yang enggak tahu kebun teh Kemuning di Ngargoyoso? Destinasi wisata ini sangat terkenal di kalangan pecinta jalan-jalan, terutama dari Soloraya. Berada di lereng Gunung Lawu, bisa dibayangkan keindahan alam dan kesejukan udara di kebun teh Kemuning.

Kebun teh Kemuning berada di lereng Gunung Lawu seluas kurang lebih 438 hektare. Hawa sejuk dan dingin bakal menghampiri Anda karena rata-rata suhu di kawasan ini sekitar 21 derajat celcius. Kondisi ini juga dipengaruhi ketinggian 800-1.540 meter di atas permukaan laut (dpl).

Waktu akan terasa cepat berlalu saat berada di kebun teh Kemuning karena suasana dan keindahan alamnya yang bikin kita seperti terhipnotis. Tempat ini sangat cocok untuk ngabuburit.

Butuh waktu sekitar 43 menit atau 25,4 km dari Alun-alun Karanganyar menuju kebun teh Kemuning yang berada di Desa Kemuning, Ngargoyoso. Meski agak jauh, tapi percayalah Anda tidak akan menyesal mendatanginya.

Baca Juga: Sensasi Beli Jambu Petik dari Pohon di Karanganyar, Bisa Selfie Hlo

3. Telaga Madirda

Rekomendasi tempat ngabuburit berikutnya adalah Telaga Madird. Lokasinya masih satu kecamatan dengan kebun teh Kemuning, yakni di Ngargoyoso. Telaga Madirda memiliki pemandangan ciamik. Lokasnya di Dusun Tlogo, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso. Dari pusat kota di Karanganyar, untuk menuju Telaga Madirda, berjarak sekitar 25 km dengan membutuhkan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Objek wisata alam di kaki Gunung Lawu itu mulai dikembangkan oleh Pemdes Berjo sejak 2018 silam. Selain hamparan hijau perbukitan, Anda juga akan dibuat terlena dengan waduk yang indah.

telaga madirda
Potret pemandangan yang ada di Telaga Madirda, Berjo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Sabtu (15/5/2021). (Solopos/Candra Putra Mantovani)

4. Wana Wisata Sekipan

Objek yang terletak di Desa Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, ini berada di ketinggian 1.100 meter. Di tempat ini, Anda bisa melakukan beragam aktivitas luar ruang. Di hari biasa Anda bisa kemping, outbond, paintball, trekking, hiking, jogging, berkuda, atau sekadar bersantai sambil ngopi di tempat ini.

Panggung mini di Bukit Sekipan Karanganyar objek wisata perhutani
Panggung mini di Bukit Sekipan Karanganyar (Mariyana Ricky/JIBI/Solopos)

Namun selama Ramadan, mungkin Anda perlu membatasi kegiatan agar tidak kelelahan yang membuat haus dan lapar. Di Wana Wisata Sekipan. Suasana kaki pegunungan yang segar dan dingin langsung menyambut badan, kali pertama memasuki area. Pohon pinus yang tinggi menjulang menjauhkan tubuh dari sengatan panas matahari. Suara air yang bergemiricik dari kejauhan seolah menenangkan pikiran setelah sepekan penuh beraktivitas.

5. Agrowisata Sondokoro

Agrowisata Sondokoro Karanganyar ramai dikunjungi masyarakat Rabu (1/1/2020). (Solopos-Candra Mantovani)
Agrowisata Sondokoro Karanganyar ramai dikunjungi masyarakat Rabu (1/1/2020). (Solopos-Candra Mantovani)

Destinasi wisata yang sudah lama ada di Karanganyar masih digandrungi masyarakat untuk menghabiskan waktu menunggu berbuka. Kereta uap masih menjadi ikon utama dari destinasi wisata yang berada di Kecamatan Tasikmadu ini. Ada pula kolam seluas 1.000 meter persegi di sisi selatan yang bisa menampung sekitar 10 perahu.

Agrowisata Sondokoro ini berada di lahan seluas sekita 7 hektare. Anda tidak akan kepanasan di sini meski lokasinya tidak setinggi di Ngargoyoso. Ini karena keberadaan pohon-pohon tua yang besar-besar membuat Agrowisata Sondokoro terasa teduh dan sejuk, cocok untuk ngabuburit bersama keluarga.

Demikian rekomendasi lima tempat ngabuburit di Karanganyar, silakan dicoba semua untuk mendapatkan pengalaman yang berebeda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya