SOLOPOS.COM - Ilustrasi new normal di sekolah. (Antara-Syaiful Arif)

Solopos.com, KLATEN -- Lima sekolah di Kabupaten Klaten bakal menggelar uji coba pembelajaran tatap muka atau PTM pada Senin-Jumat (5-16/4/2021).

Kelima sekolah itu yakni SMAN 3 Klaten, SMKN 3 Klaten, MAN 1 Klaten, SMPN 2 Klaten, serta MTsN 3 Klaten. Serangkaian persiapan uji coba PTM sudah dilakukan termasuk vaksinasi guru lima sekolah sebagai salah satu syarat uji coba.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepala SMKN 3 Klaten, Dionisius Pramuaji, mengatakan persiapan sudah selesai 100 persen dan tinggal pelaksanaannya. Izin orang tua juga sudah dikantongi sekolah termasuk izin dari Satgas Penanganan Covid-19 Klaten untuk menggelar PTM.

Baca juga: Omzet Pengrajin Gerabah Melikan Klaten Sempat Melonjak Hingga 100% Selama Pandemi

Sebanyak 72 guru sudah menerima vaksinasi Covid-19 beberapa waktu lalu. Pramuaji mengatakan PTM rencananya digelar selama dua jam setiap harinya mulai pukul 08.00 WIB.

Pada awal PTM, guru tak langsung memberikan materi pembelajaran melainkan mengajak siswa beradaptasi dengan protokol kesehatan yang diterapkan.

“Sebenarnya boleh sampai empat jam. Tetapi untuk awal kami mengambil dua jam per hari. Untuk awal kami lebih pada membiasakan perilaku sesuai protokol dulu. Kami tidak tergesa-gesa ke materi pelajaran,” kata Pramuaji saat berbincang dengan Solopos.com, Minggu (4/4/2021).

Baca Juga: 5 Kuliner Khas WGM Wonogiri Ini Wajib Dibeli Untuk Oleh-Oleh, Botok Ikannya Mantul Loh!

Setiap Kelas 12 Siswa

Siswa masuk sekolah mengikuti PTM di Klaten secara bergiliran dengan setiap kelas dibatasi 12 orang setiap harinya. Hal itu untuk menyesuaikan ketentuan maksimal siswa peserta PTM setiap harinya 50 persen dari jumlah total siswa.

Pelaksanaan uji coba PTM juga hanya diberlakukan kepada siswa kelas X dan XI. Sementara siswa kelas XII mengikuti ujian sekolah secara daring.

“Hampir semua orang tua mengizinkan anak mereka ikut uji coba PTM. Kalau ada satu dua orang tua yang belum mengizinkan itu hal wajar,” katanya.

Baca Juga: Alhamdulillah! Ada Dana, Jembatan Gantung Girpasang Klaten Dibangun Tahun Ini

Pramuaji berharap uji coba PTM sekolah di Klaten selama dua pekan itu berlangsung lancar hingga kegiatan PTM bisa bergulir seterusnya. Selama hampir setahun terakhir, siswa terutama kelas X belum pernah mengikuti pelajaran di kelas.

Wakil Kepala Bidang Humas SMAN 3 Klaten, Kusnadi Pujianto, mengatakan uji coba PTM baru dilakukan untuk siswa kelas X. Sementara siswa kelas XI dan XII masih mengikuti pembelajaran secara daring. Soal izin, Kusnadi mengatakan sudah meminta izin ke orang tua.

“Sekitar 82 persen orang tua mengizinkan anak mereka mengikuti uji coba PTM sementara yang belum memberikan izin sebanyak 18 persen. Mereka tetap kami layani dengan pembelajaran daring,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya