SOLOPOS.COM - DPC PKB Boyolali mendaftarkan 50 bacaleg ke KPU Boyolali, Sabtu (13/5/2023). (Istimewa/DPC PKB Boyolali)

Solopos.com, BOYOLALI — DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Boyolali telah menyerahkan 50 nama bakal calon anggota legislatif (bacaleg) ke KPU setempat pada Sabtu (13/5/2023) siang. Mereka menargetkan lima kursi di DPRD Boyolali dalam Pemilu 2024.

Ketua DPC PKB Boyolali, Eko Mujiono, menceritakan ia dan jajarannya telah mendaftarkan 50 nama bacaleg ke KPU pukul 14.00 WIB.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Yang kami daftarkan lengkap, 100 persen, ada 50 orang untuk menjadi bacaleg dari PKB. Dari 50 orang itu, 17 perempuan dan 33 laki-laki. Berarti kuota perempuan 34 persen,” ujarnya saat dihubungi Solopos.com, Sabtu.

Ia menjelaskan 50 orang bacaleg PKB Boyolali berasal dari berbagai kalangan, mulai dari tokoh agama, senior PKB, anak muda, bahkan ada yang baru saja lulus kuliah S1. Ia menjelaskan ada sekitar 30-40 persen anak muda dalam 50 bacaleg yang diajukan PKB Boyolali.

“Bacaleg termuda kami berumur 23 tahun, atas nama Dwi Naning Hidayati,” kata dia.

Selanjutnya, Eko mengungkapkan target PKB Boyolali dalam Pemilu 2024 ada lima kursi di DPRD Boyolali. Dengan rincian target satu kursi per daerah pemilihan (dapil).

Menurutnya, target tersebut tidak muluk-muluk karena menyadari partai yang dominan di Boyolali adalah PDIP.

“Dari yang 2019 hanya dua kursi [di DPRD]. Sekarang target kami lima kursi, berarti peningkatan 150 persen,” kata dia.

Dua kader yang telah melenggang ke DPRD Boyolali pada 2019 juga akan bertarung kembali dalam kontestasi politik 2024.

Untuk dapat mencapai target, terang Eko, bacaleg PKB Boyolali di setiap dapil akan berkoordinasi dan bersepakat terkait wilayah jangkauan para pemilih untuk menjaring suara. Hal tersebut agar tidak ada tumbukan suara.

Sementara itu, Ketua KPU Boyolali, Ali Fahrudin, menuturkan hingga Sabtu baru 8 dari 18 partai peserta Pemilu 2024 wilayah Boyolali yang menyetorkan nama-nama bacalegnya.

“Pada Sabtu ini ada Partai Golkar, PKB, dan Perindo. Lalu yang kemarin-kemarin ada PAN, Demokrat, Nasdem, PDIP, dan PKS,” kata dia.

Hari terakhir pendaftaran bacaleg pada Minggu (14/5/2023) masih ada 10 partai yang belum mendaftarkan ke KPU Boyolali yaitu Partai Gerindra, PPP, Partai Ummat, Partai Buruh, PSI, Garuda, Hanura, PKN, Gelora, dan PBB. Pada Minggu, KPU Boyolali akan melayani pendaftaran hingga pukul 23.59 WIB.

“Prinsipnya, kami sudah berkoordinasi dengan partai-partai politik untuk memaksimalkan waktu yang tersisa sampai 14 Mei 2023,” ujar dia.

KPU juga menyadari jika pendaftaran bacaleg terpusat di Jakarta. Namun, ia berharap para partai yang belum mendaftarkan diri tidak datang di menit-menit terakhir dan bisa menyampaikan lebih awal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya