SOLOPOS.COM - Sejumlah warga binaan pemasyarakatan dan petugas Rutan Solo mengikuti lomba bola voli dalam rangka HUT ke-78 RI di Rutan Kelas I, Solo, Selasa (15/8/2023). (Solopos.com/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLO–Rumah tahanan (Rutan) Kelas I Solo menggelar beragam lomba dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Indonesia. Perlombaan itu juga melibatkan sekitar 50 warga binaan pemasyarakatan (WBP) perwakilan dari masing-masing blok di rutan.

Kegiatan perlombaan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia digelar selama tiga hari mulai 14-16 Agustus.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Beragam perlombaan itu meliputi olahraga dan permainan yang diikuti petugas rutan dan WBP. “Lomba permainan digelar hari pertama. Warga binaan juga ikut berpartisipasi mengikuti lomba peringatan Kemerdekaan Indonesia,” kata Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Tahanan Rutan Kelas I Solo, Ervan Bahrudhin Mulyanto, mewakili Kepala Rutan Kelas I Solo, Urip Dharma Yoga, saat ditemui wartawan, Selasa (15/8/2023).

Sementara perlombaan olahraga meliputi voli, bulu tangkis, dan tenis meja. Lomba ini juga diikuti petugas rutan dan WBP. Nantinya, partai final diikuti tim petugas rutan melawan WBP yang digelar pada Rabu (16/8/2023).

Esensi kegiatan perlombaan itu untuk mempererat kekompakan antarpetugas rutan. “Sekaligus hiburan bagi warga binaan di Rutan Solo. Setiap tahun, kami selalu menggelar kegiatan perlombaan peringatan Kemerdekaan Indonesia,” ujar dia.

Menurut Ervan, Rutan Solo bakal menggelar upacara bendera peringatan Kemerdekaan Indonesia pada Kamis (17/8/2023). Upacara bendera bakal diikuti petugas dan WBP. Para petugas rutan bakal memakai pakaian adat yang merepresentasikan keberagaman budaya di Tanah Air.

Seusai upacara bendera, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian remisi atau potongan hukuman Kemerdekaan Indonesia. “Rencananya, SK remisi diberikan oleh Kepala Rutan Kelas I Solo. Saat ini, kami masih menunggu SK remisi dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham),” urai dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya