SOLOPOS.COM - Penyekatan di perbatasan Jateng-DIY, wilayah Prambanan, Klaten, Sabtu (3/7/2021). (Solopos-Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN — Sebanyak 58 kendaraan berpelat nomor luar daerah dicek dan diperiksa aparat kepolisian di kawasan perbatasan Jateng-DIY, tepatnya di Pos Terpadu Prambanan, Klaten, Jumat (24/12/2021). Selain itu, 13 orang menjalani swab antigen secara acak guna memastikan negatif Covid-19.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, pemeriksaan puluhan pengendara kendaraan roda empat yang hendak masuk ke Klaten di Prambanan merupakan bagian dari Operasi Lilin Candi 2021. Sepanjang operasi tersebut, aparat keamanan mengedukasi para pengendara agar tetap menaati protokol kesehatan (prokes).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Baca Juga: 912 Anak Yatim dan Piatu karena Covid-19 di Klaten Terima Bantuan JPS

“Ada 58 kendaraan yang diperiksa petugas di Prambanan, Klaten. Sebanyak tiga orang divaksinasi Covid-19 dan 13 orang dites swab antigen. Hasil dari swab antigen, seluruhnya negatif Covid-19,” kata Kasihumas Polres Klaten, Iptu Abdillah, mewakili Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo, kepada Solopos.com, Jumat (24/12/2021).

Iptu Abdillah mengimbau seluruh elemen masyarakat yang menempuh perjalanan sudah divaksinasi Covid-19 terlebih dahulu. Di samping itu, para pengendara sekaligus penumpang kendaraan juga diharapkan membawa surat hasil swab antigen.

Baca Juga: Air dari Bebeng Kembali Aliri Rumah Warga Lereng Merapi Klaten

“Itu semua untuk mencegah persebaran Covid-19 saat momentum Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Perlu diingat juga, saat pergantian tahun, tidak ada perayaan di Klaten. Tak perlu kumpul-kumpul dan lebih baik di rumah,” katanya.

Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo, mengatakan jumlah anggotanya yang diterjunkan saat pengamanan momentum Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 mencapai 608 orang. Tim gabungan telah mengoptimalkan pos pengamanan guna memantau iklim kondusivitas di Klaten.

Baca Juga: Capaian Vaksinasi di Klaten 80%, Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Dimulai

Hal tersebut termasuk memantau arus lalu lintas di Klaten. “Ada empat pos pengamanan selama Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Masing-masing, pos pelayanan di Alun-alun Klaten, pos pengamanan di Delanggu dan Prambanan. Lalu ada pos terpadu juga,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya