SOLOPOS.COM - etugas Pengatur Kereta Api Stasiun Maguwo memberikan tanda jalan kepada masinis Kereta Api Prambanan Ekspres (Prameks) relasi Jogja-Solo, Jumat (5/2/2021). (Harian Jogja-Bernadheta Dian Saraswati)

Solopos.com, SOLO — KAI Commuter membatasi layanan operasional perjalanan kereta rel listrik atau KRL Jogja-Solo, dan KA Prambanan Ekspres alias Prameks dalam kurun waktu 6-17 Mei 2021. Pembatasan itu dilakukan sesuai aturan dari pemerintah pusat pimpinan Presiden Joko Widodo.

Sesuai Peraturan Menteri Perhubungan No.13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idulfitri Tahun 1442 Hijriah tiap-tiap operasional moda transportasi dibatasi selama Kamis-Senin (6-17/6/2021).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

VP Corporate Secretary KCI, Anne Purba, mengatakan pada masa angkutan Lebaran 2021, layanan KRL Jogja-Solo dan KA Prameks relasi Yogyakarta-Kutoarjo pergi pulang (PP) beroperasi setiap harinya dengan penyesuaian jadwal sejak 6 Mei 2020.  “Operasional KRL Jogja-Solo KAI Commuter menjalankan 20 perjalanan per harinya. Sementara layanan KA lokal Prameks tetap beroperasi dengan delapan perjalanan setiap harinya,” ujar dia, kepada wartawan, Rabu (5/5/2021).

Baca Juga: Seret Nama Azis Syamsuddin, Begini Golkar Sikapi Suap Tanjungbalai

Anne menjelaskan aalam layanan selama masa angkutan lebaran ini, KAI Commuter tetap mengikuti peraturan baik dari pemerintah pusat maupun daerah dalam meminimalkan mobilitas pergerakan masyarakat. KAI Commuter mengimbau agar pengguna ikut mendukung aturan pemerintah. Gunakan KRL hanya untuk keperluan mendesak serta selalu menerapkan protokol kesehatan baik di area stasiun maupun di selama perjalanan kereta.

Selain itu, KAI Commuter juga mewajibkan seluruh pengguna jasanya untuk selalu menerapkan 3M, yakni memakai masker kain minimal tiga lapis atau menggunakan masker kesehatan, menjaga jarak antar pengguna, dan mencuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan KRL.

“KAI Commuter mengajak seluruh lapisan masyarakat khususnya pengguna KRL dan KA lokal Prameks untuk mendukung program pemerintah dengan tidak mudik, dan melakukan silaturahmi secara daring demi kesehatan bersama. Upaya bersama ini merupakan bentuk melindungi keluarga, serta mencegah penularan Covid-19 dengan tetap di rumah saja,” imbuh dia.

Hingga 19.10 WIB

KRL untuk jadwal keberangkatan pertama dari Solo menuju Jogja pada pukul 05.05 WIB. Sementara itu, jadwal terakhir pada 19.10 WIB. Sedangkan dari Jogja menuju Solo keberangkatan pertama pada pukul 05.15 WIB dan terakhir pukul 19.10 WIB.

Sementara itu, Wakil Kepala Stasiun Purwosari, Ery Triyadi, menambahkan tren penumpang KRL Jogja-Solo meningkat pada akhir pekan. Menurutnya, pada masa pelarangan mudik Lebaran ini KRL tetap beroperasi seperti biasanya dengan protokol kesehatan yang lebih ketat.

“Kalau saat akhir pekan atau libur, penumpang KRL meningkat. Misalnya pada akhir pekan penumpang yang naik bisa 800 orang per hari, sementara hari biasa sebanyak 500 orang per hari. Kemungkinan saat peniadaan mudik angkanya sekitar 800-an. Ini karena kuota penumpang KRL juga dibatasi selama pandemi Covid-19, hanya 74 orang per gerbong,” jelas dia.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya