SOLOPOS.COM - Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta memulai tugasnya sebagai PPIH Embarkasi Solo 2022. (Istimewa)

Solopos.com, BOYOLALI — Sebanyak enam jemaah calon haji (Calhaj) sempat tertahan di Embarkasi Solo, Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah karena dinyatakan belum layak terbang.

Pantauan Solopos.com hingga Senin (6/6/2022), kondisi lima jemaah calon haji di antara sudah diberangkatkan. Sayanganya, satu jemaah calhaj belum bisa diberangkatkan karena kondisinya masih dipantau.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Satgas PPIH Embarkarsi Solo, Sarip Sahrul Syamsudin, menyampaikan enam jemaah calhaj yang tertahan itu menderita anemia hingga radang mata.

“Ada beberapa jemaah calon haji yang sempat dinyatakan belum layak terbang dikarenakan sakit anemia dan konjungtivitis [radang mata]. Total ada enam jemaah, tetapi lima sudah diberangkatkan kemarin dari kloter empat. Hanya dirawat sebentar dan untung masih bisa mengikuti kloternya. Yang satu masih kami pantau kondisinya hingga hari ini,” ujarnya kepada wartawan, Senin (6/6/2022).

Para jemaah calon haji yang mengalami masalah kesehatan itu dilarikan ke Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) dr. Siswanto. “Para jemaah yang mengalami masalah kesehatan, kami larikan ke RSAU dr. Siswanto. Terus kami pantau kondisinya,” katanya.

Baca Juga : Tiba di Madinah, Calhaj Kloter 1 Embarkasi Solo Dapat Sambutan Khusus

Hingga hari ini, sebanyak 1.432 jemaah calon haji yang sudah diberangkatkan dari Asrama Haji Donohudan, Boyolali. Sarip menyampaikan kondisi para jemaah calon haji tidak mengalami masalah.

“Sejauh ini total 1.432 jemaah yang diberangkatkan. Kondisi mereka Alhamdulillah baik-baik saja,” ungkap Sarip.

Sebanyak 15.305 jamaah calon haji akan datang ke Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Rinciannya, kuota Jawa Tengah sebanyak 13.776 jemaah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 1.427 jemaah, dan 172 petugas kloter jemaah haji.

Mereka tergabung dalam 39 kloter dari Jawa Tengah dan 4 kloter dari DIY. Dikutip dari laman resmi Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), menyebut ada 100.051 jemaah calon haji yang akan berangkat tahun 2022 atau 1443 H. Rinciannya 92.825 kuota haji reguler dan 7.226 haji khusus.

Baca Juga : Suhu Bisa 47 Derajat Celsius, Ganjar Minta Calhaj Jaga Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya