SOLOPOS.COM - Gondola penumpang berada di dekat jembatan gantung Girpasang, Kemalang, Klaten, Sabtu (1/1/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Objek wisata Girpasang, Kemalang dan Rawa Jombor, Krakitan, Kecamatan Bayat bakal menjadi perhatian khusus bagi aparat Polres Klaten saat liburan Lebaran 2022. Dua objek wisata tersebut diprediksi bakal diserbu pengunjung dari berbagai daerah, baik Klaten dan di luar Klaten saat liburan Lebaran 2022.

Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo, dalam siaran pers yang diterima Solopos.com dari Polres Klaten, Sabtu (30/4/2022). AKBP Eko Prasetyo mengatakan telah menyiapkan pengamanan di objek wisata selama libur panjang Idulfitri 1443 H.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Di Girpasang, akan ada enam lokasi parkir yang disiapkan. Itu untuk menampung kendaraan wisatawan. Di setiap pintu masuk akan ada pos terpadu [dijaga anggota TNI/Polri/Pemdes],” kata AKBP Eko Prasetyo.

Aparat polisi juga sudah mengumpulkan para pengelola objek wisata guna memberikan penekanan terkait keselamatan pengunjung.

“Jembatan Girpasang itu kapasitasnya cuma 40 orang. Nanti akan kami bantu pengaturannya. Jangan sampai overload yang menyeberang di sana. Begitu juga di Rawa Jombor, kami akan dirikan pos terpadu. Kami antisipasi, rakit-rakit yang hampir dua tahun ini tidak dipakai,” katanya.

Baca Juga: Begini Cerita Lengkap DAMRI Tertarik Buka Rute ke Girpasang Klaten

Sebelumnya, Kodim 0723/Klaten mendirikan pos monitoring mudik Lebaran 2022 di Jl. Raya Jogja-Solo, tepatnya Desa Gondang, Kecamatan Kebonarum, Klaten, Jawa Tengah. Selain mendirikan pos monitoring, Kodim Klaten juga membuat rest area di enam lokasi lainnya.

Dandim Klaten, Letkol (Inf) Joni Eko Prasetyo, mengatakan pendirian pos monitoring itu menindaklanjuti perintah Danrem 074/Warastratama. Tujuannya, membantu Pemkab dan pemudik yang melintas.

“Pos monitoring mudik ini mempunyai tiga fungsi, yakni sebagai rest area, pengecekan kesehatan, dan pengamanan membantu Polres dan Pemkab Klaten,” ungkap Dandim, Jumat (29/4/2022).

Baca Juga: Waduh! Warga Girpasang Klaten Ternyata Masih Susah Sinyal

Kodim Klaten tak hanya menyiapkan rest area di pos monitoring. Kodim Klaten juga membuka sejumlah rest area lain, yakni empat pos rest area sepanjang Jl. Raya Jogja-Solo.

Lokasinya di Koramil 01 Kota, Koramil 03 Delanggu, Koramil 09 Prambanan, dan Koramil 24 Klaten Utara. Satu pos rest area berada di ruas Jl. Raya Jatinom-Boyolali tepatnya di Koramil 16 Tulung.

Rest area itu terbuka bagi pemudik yang ingin beristirahat sejenak. Kodim juga mengerahkan prajurit untuk melaksanakan tugas perbantuan pengamanan di lima posko bersama di bawah kendali Polres Klaten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya