SOLOPOS.COM - Ratusan anggota PPS dilantik oleh KPI Sragen di Stadion Taruna Sragen, Selasa (24/1/2023). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Sebanyak 624 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilantik dan diambil sumpah janji oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen, Minarso, di Stadion Taruna Sragen, Selasa (24/1/2023). Dalam kesempatan yang sama KPU juga menggelar apel penyelenggara Pemilu 2024.

Para anggota PPS berdiri sejak pukul 07.00 WIB hingga pukul 09.30 WIB. Ada beberapa yang tak kau menahan terik matahari hingga harus diantar ke ambulans yang standby.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama, dan sejumlah pejabat lainnya turut hadir. Mereka menyaksikan para anggota PPS menyampaikan pakta integritas sebagai PPS hingga di akhir berupa devile penyelenggara Pemilu 2024 dari KPU hingga 20 kecamatan.

Di akhir apel itu ada pertunjukan tarian kreasi. Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan komisioner KPU Sragen memberi selamat kepada para PPS.

Ketua KPU Sragen, Minarso, mengatakan prinsip demokrasi sistem pemerintahan adalah dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Untuk mewujudkan hal itu, menurutnya, ada tiga poin penting peran masyarakat dalam Pemilu 2024.

Peran pertama sebagai penyelenggara pemilu, seperti menjadi komisioner KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Dia mengatakan 624 anggota PPS membuktikan peran mereka sebagai penyelenggara pemilu.

“Peran kedua sebagai peserta pemilu, yakni menjadi calon presiden, calon DPD, calon DPR, calon DPRD provinsi, dan calon DPRD kabupaten/kota. Pada peran penyelenggara dan peserta pemilu ini harus memilih salah satu, jangan berfungsi ganda,” ujar Minarso. Peran terakhir yakni menjadi pemilih yang berdaulat.

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, mengapresiasi KPU yang menggelar pelantikan dan apel Pemilu 2024 secara spektakuler. Yuni menyatakan siap menyukseskan Pemilu 2024.

Dalam kesempatan itu pula Bupati menegaskan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen mendukung sepenuhnya dan menjamin ketersediaan anggaran untuk Pemilu 2024.

“Namun, perlu sinergisitas dulu antara Pemkab Sragen, Pemprov Jateng, dan KPU terkait dengan sharing anggaran Pemilu. Kami siap menjamin ketersediaan anggaran, jangan khawatir. Bagi PPS yang dilantik, saya ucapkan selamat dan segera melaksanakan tugas sebaik-baiknya,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya