SOLOPOS.COM - Bupati Klaten Sri Mulyani. (Dok Solopos)

Solopos.com, KLATENPilkades serentak digelar di 67 desa yang tersebar di 22 kecamatan, Rabu (5/7/2023). Sebanyak 164.194 warga menggunakan hak pilih mereka untuk menentukan Kades di masing-masing desa.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengimbau kepada warga di desa yang menggelar Pilkades untuk mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) guna memberikan hak pilih mereka. Dia juga mengingatkan seluruh calon kepala desa (Cakades) untuk menjaga suasana kondusif di desa masing-masing dengan siap menerima apapun hasil Pilkades.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Untuk semua calon seperti yang sudah saya instruksikan dalam deklarasi bahwa yang nanti dinyatakan menang untuk wajib bersilaturahmi kepada calon yang kalah. Mereka yang menang harus merangkul, harus menjadi wong tua lah bagi warga di desanya. Iya, menang ora umuk, kalah ora ngamuk, kabeh dirangkul. Tentunya tahapan sudah selesai, besok yang dinyatakan menang langsung merangkul yang kalah dan menjaga suasana desa tetap aman dan kondusif,” kata Mulyani saat ditemui di sela pantauan persiapan Pilkades di Desa Kujon, Kecamatan Ceper, Selasa (4/7/2023) malam.

Sementara itu, Forkopimda Klaten menggelar pantauan ke sejumlah desa yang menggelar Pilkades pada Selasa malam. Selain Bupati, pantauan itu diikuti Wakil Bupati Klaten, Ketua DPRD, Kapolres, Komandan Kodim 0723/Klaten, Kajari Klaten, dan jajaran Forkopimda lainnya.

Pantauan dilakukan ke desa-desa yang masuk dalam kategori kerawanan Pilkades zona kuning. Pantauan itu digelar di Desa Glagahwangi, Kecamatan Polanharjo, Desa Kujon, Kecamatan Ceper, dan Desa Brajan, Kecamatan Prambanan.

“Malam ini saya mengecek ke desa-desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak. Setelah saya melihat secara langsung dan berkomunikasi dengan Muspika hingga panitia, semuanya hingga saat ini kondusif. Insyaallah semuanya kondusif hingga seluruh tahapan Pilkades ini selesai,” kata Mulyani.

Ketua Panitia Pilkades Desa Kujon, Joko Sunarwan, mengatakan ada lima Cakades yang ikut kontestasi Pilkades di Kujon kali ini. Mereka terdiri dari empat perempuan dan satu laki-laki. Sementara, jumlah pemilih sebanyak 3.071 orang. Lokasi TPS berada di halaman SD yang berlokasi di seberang kantor Desa Kujon.

“Tahapan pemungutan suara dimulai dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Sampai saat ini tidak ada kendala dan semuanya berjalan dengan lancar,” kata Joko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya