SOLOPOS.COM - Jalur fungsional tol Solo-Jogja sepanjang 13 kilometer (km) mulai dibuka pada Jumat (22/12/2023) hingga Rabu (3/1/2024) untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas selama libur Natal dan Tahun Baru. (Solopos.com/Taufik SP)

Solopos.com, KLATEN — Lebih dari 75.000 kendaraan melintas di jalur tol fungsional Solo-Jogja sepanjang 13 kilometer (km) sejak dibuka pada Jumat (22/12/2023) atau selama tujuh hari hingga Kamis (28/12/2023).

Saat ini, arah arus kendaraan masih diberlakukan dari Kartasura atau Gerbang tol (GT) Colomadu dan GT Banyudono menuju ke GT Karanganom di Kuncen, Ceper, Klaten.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Pelaksana Humas PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ), Rachmat Jesiman Putra, menjelaskan selama tujuh hari dioperasikan, jumlah kendaraan yang melintas di jalur tol fungsional Solo-Jogja mencapai 75.456 unit.

Jumlah itu merupakan total kendaraan yang melintas jalur fungsional langsung dari tol trans Jawa melalui GT Colomadu maupun melalui GT Banyudono.

Hingga kini, jalur fungsional masih dioperasikan dengan arah arus kendaraan dari GT Colomadu dan GT Banyudono menuju GT Karanganom, Klaten.

Rencananya, arus kendaraan diberlakukan ke arah sebaliknya atau dari GT Karanganom menuju GT Colomadu (tujuan tol trans Jawa) dan GT Banyudono (tujuan Boyolali dan Kartasura) pada Senin-Rabu (1-3/1/2024).

Jam beroperasi jalur fungsional tetap sama yakni pukul 06.00 WIB-17.00 WIB dan kecepatan maksimal 40 km/jam. “Untuk jalur dari GT Karanganom menuju Colomadu mulai diberlakukan pada 1-3 Januari 2024. Setelah itu jalur fungsional akan kembali ditutup,” kata Rachmat saat dihubungi Solopos.com, Jumat (29/12/2023).

Pintu keluar jalur tol fungsional Solo-Jogja atau exit toll berada di Desa Kuncen, Kecamatan Ceper, Klaten. Lokasinya bersimpangan langsung dengan jalan nasional jalan raya Solo-Jogja.

Sementara itu, pada Jumat (29/12/2023), kendaraan yang melintas relatif lengang. Dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB, jumlah kendaraan yang keluar dari jalur fungsional mencapai 1.778 unit atau rata-rata 300 kendaraan/jam.

Sehari sebelumnya, Kamis (28/12/2023), jumlah kendaraan yang keluar dari jalur fungsional hingga pukul 12.00 WIB sebanyak 2.097 unit atau rata-rata 350 kendaraan per jam.

Kepala Pos Pantau Exit Tol Kuncen Ceper, Iptu Suparjo, menjelaskan rata-rata jumlah kendaraan yang keluar dari jalur tol fungsional Solo-Jogja ke jalan nasional mengarah ke Jogja atau Klaten.

Selama dibuka, Suparjo menjelaskan relatif tidak ada kendala ataupun insiden menonjol. “Rata-rata waktu tempuh [di jalur fungsional tol Solo-Jogja sepanjang 13 km] antara 15 menit hingga 20 menit,” kata dia.

Hingga hari ketujuh dioperasikan, beberapa pengendara di ruas jalan arteri berniat masuk jalur fungsional melalui exit toll Kuncen. Namun, oleh petugas mereka diberikan pemahaman bahwa jalur fungsional hingga 31 Desember 2023 masih diberlakukan dari arah Kartasura menuju Klaten.

Sementara pemberlakuan arah sebaliknya baru diberlakukan pada Senin-Rabu (1-3/1/2024). “Rata-rata seperti itu. Mau masuk lewat sini, tetapi setelah melihat rambu akhirnya tidak jadi. Jumlahnya tidak banyak, hanya satu atau dua kendaraan setiap harinya,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya