SOLOPOS.COM - Pimpinan DPRD Solo. (Dok)

Solopos.com, SOLO—Rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo belum selesai, Selasa (20/2/2024) siang.

Namun, sejumlah partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2024 sudah dapat memprediksi hasilnya. Termasuk apakah mereka berhasil meloloskan Caleg-nya ke DPRD Solo, atau tidak. Juga prediksi jumlah perolehan kursi mereka.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Informasi yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, Selasa (20/2/2024), ada tujuh parpol yang bakal lolos ke Karangasem. Mereka yaitu PDI Perjuangan (PDIP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Partai Gerindra.

Kemudian, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Tapi kepastian jumlah perolehan kursi masing-masing parpol masih simpang siur. Berikut perolehan kursi berdasarkan klaim parpol:

1. PDIP: 23-25 kursi
2. PKS: 9-10 kursi
3. PSI: 5-6 kursi
4. Partai Gerindra: 5 kursi
5. Partai Golkar: 4 kursi
6. PAN: 3 kursi
7. PKB: 2 Kursi

Bila dilihat dari jumlah totalnya, bisa dipastikan ada beberapa parpol yang klaim perolehan kursinya di DPRD Solo, meleset. Sebab jumlah kursi DPRD Solo hanya 45 kursi. Kepastian perolehan kursi parpol mesti menunggu rekap KPU.

Di sisi lain, bila merujuk prediksi di atas, komposisi parpol di DPRD Solo 2024-2029 lebih beragam. Sebab di periode depan ada PKB, di mana partai itu tidak lolos ke Karangasem di periode 2019-2024. PKB pecah telur setelah 20 tahun.

Catatan lainnya terkait kepastian turunnya jumlah kursi PDIP di DPRD Solo. Sebab pada periode 2019-2024 jumlah kursi PDIP mencapai 30 kursi. Bila klaim mereka dapat 23-25 kursi, benar, PDIP tetap menjadi mayoritas tunggal.

Namun, bila klaim mereka meleset, dan perolehan kursi mereka di bawah 23 kursi, PDIP tidak lagi menjadi mayoritas tunggal di parlemen. Mereka tidak akan lagi superior dalam menentukan keputusan maupun kebijakan strategis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya