SOLOPOS.COM - Tiga siswi mempresentasikan inovasi mereka di hadapan lima juri Lomba Krenova Sragen 2023 yang digelar di Aula Oproom Setda Sragen, Kamis (25/5/2023). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Sebanyak 70 inovasi karya pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum bersaing ketat di Lomba Kretivitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) 2023, Rabu-Kamis (24-25/5/2023). Tiga inovasi terbaik akan mewakili Sragen untuk mengikuti Lomba Krenova tingkat regional, provinsi, hingga nasional.

Puluhan inovasi anak muda Sragen itu dipresentasikan di hadapan lima anggota dewan juri. Mereka di antaranya Prof. Dr. Endang Yuniastuti, Prof. Muhammad Nizam Ph.D., dan Anif Jamaluddin Ph.D., dari dari Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Lalu ada Syaifuddin dari perwakilan pengusaha muda dan Anindito dari perwakilan media massa.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Analis Badan Perencanaan Pembangunan, Riset, dan Inovasi Daerah (Bapperida) Sragen, Yuliyanto Teguh Haryono, menerangkan awalnya ada 75 inovator yang mendaftar. Setelah seleksi administrasi, hanya 70 inovasi yang lolos dan langsung dinilai juri selama dua hari.

“Sebanyak 70 inovasi itu terdiri atas 55 inovasi dari kategori pelajar dan 15 inovasi umum. Dari hasil penjurian itu kemudian diambil juara I, II, dan III serta juara harapan I dan II,” ujar Yuli, sapaan akrabnya.

Beberapa inovasi itu di antaranya lipbalm ekstrak kulit buah naga dari SMAN 1 Sragen, pemanfaatan sampah sedotan plastik menjadi jam dinding dari SMPN 1 Tanon, obat mandul dari SMAN 1 Plupuh, dan pembelajaran inovasi sumber daya terbarukan dari SMPN 1 Kalijambe. Ada juga cokelat kelor telang dari SMAN 1 Sragen, sabun kolagen dari SMP Baitul Qur’an Sragen, masker rempah dari SMPN 1 Miri, detergen cair berbasis sampah organik dari Plumbungan, dan inovasi lainnya.

“Pemenang Lomba Krenova akan diumumkan pada 5 Juni 2023 saat acara Sragen Award 2023. Hadiahnya berupa uang pembinaan. Juara dibagi menjadi dua kategori, yakni juara kategori masyarakat umum dan kategori pelajar, masing-masing diambil lima juara,” kata Yuli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya