SOLOPOS.COM - Para calhaj dari Kecamatan Wedi dan Gantiwarno mengikuti bimbingan manasik haji di Masjid Jami’ Wedi Klaten, Rabu (8/5/2024).(Istimewa)

Solopos.com, KLATEN – Kantor Urusan Agama (KUA) Wedi dan Gantiwarno menggelar praktik manasik haji gabungan di kompleks Masjid Jami’ Wedi, Klaten Rabu (8/5/2024).

Praktik manasik haji merupakan kegiatan penting bagi jamaah haji yang bertujuan mempersiapkan diri secara maksimal sebelum menjalani ibadah haji secara fisik. Materi yang disampaikan dalam acara ini meliputi rukun dan wajib haji, umrah, dan pemahaman tata cara serta syarat-syarat sahnya ibadah haji dan umrah.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Para peserta juga dibekali dengan pembelajaran doa-doa yang harus dibaca dan diamalkan selama menjalankan ibadah haji, termasuk doa saat ihram, tawaf, sa’i, wukuf, dan berbagai doa lainnya. Melalui simulasi ritual, peserta diajak untuk mempraktikkan pelaksanaan ritus-ritus haji seperti tawaf, sa’i, wukuf di Arafah, lempar jumrah, dan lainnya.

Peserta juga diberikan pengetahuan tentang lokasi-lokasi penting di Makkah dan sekitarnya, serta persiapan fisik dan mental yang diperlukan untuk menunaikan ibadah haji dengan baik. Selama kegiatan, terdapat juga sesi penyampaian pengalaman dari peserta yang sudah pernah melaksanakan ibadah haji sebelumnya.

Praktik manasik haji ini bertujuan untuk memberikan persiapan yang optimal bagi jamaah haji agar mampu melaksanakan ibadah haji dengan kekhusyukan. Diharapkan, dengan adanya kegiatan ini, jamaah haji dari Kecamatan Wedi dan Gantiwarno dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar, penuh berkah dan mabrur.

Narasumber sekaligus pemandu dalam kegiatan ini  H. Azib Triyanto seorang Pembimbing Haji Profesional yang telah bersertifikat dari Kemenag sekaligus sebagai sekretaris IPHI Bayat dan pernah sebagai ketua Angkatan Muda Haji Indonesia (AMHI) Kabupaten Klaten.

Kepala KUA Wedi, Much. Sarif Anwar, mengatakan kegiatan bimbingan manasik haji sangat penting bagi calon jamaah haji (Calhaj) untuk memahami tata cara pelaksanaan ibadah haji yang benar dan memberikan edukasi kepada para jamaah seputar haji dan kebijakan pemerintah terkait haji.

“Kegiatan bimbingan manasik haji diikuti oleh sekitar 75 Calhaj dari  Kecamatan Wedi Sebanyak 43 Calhaj dan dari Kecamatan Gantiwarno sebanyak 32 Calhaj tampak antusias para jamaah Calhaj mengikuti kegiatan terdebut karena mereka ingin mendapatkan pengetahuan yang lengkap tentang pelaksanaan ibadah haji yang sudah mereka rindukan bertahun-tahun,” kata Much. Sarif Anwar berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Solopos.com.

Kepala KUA Gantiwarno, Assonany, juga berharap melalui bimbingan manasik haji para Calhaj dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar, khusyuk, dan mabrur. Kepala KUA Wedi maupun Gantiwarno  juga berpesan kepada para Calhaj agar menjaga kesehatan dan mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya