SOLOPOS.COM - Ketua Bawaslu Wonogiri, Ali Mahbub (kanan), sedang meninjau proses pemeriksaan kesehatan kepada calon Panwascam Bawaslu Wonogiri di RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso, Rabu (26/10/2022). (Istimewa/Bawaslu Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI — Sebanyak 75 pendaftar panitia pengawas pemilu tingkat kecamatan (Panwascam) Kabupaten Wonogiri dinyatakan lolos setelah melalui serangkaian proses seleksi. Mereka kemudian diminta menjalani tes pemeriksaan kesehatan lanjutan sebelum resmi dilantik sebagai Panwascam, Jumat (28/10/2022) mendatang.

Sebanyak 75 orang itu lolos dari serangkaian seleksi, mulai dari seleksi administrasi, computer assisted test (CAT), dan tes wawancara. Mulanya, terdapat 291 orang yang mendaftarkan diri sebagai Panwascam di Kabupaten Wonogiri. Selanjutnya, pendaftar yang lolos seleksi administrasi berjumlah 262 orang.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Setelah itu, terdapat 235 pendaftar yang mengikuti tes CAT. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Wonogiri lalu memberi kuota enam orang di tiap kecamatan untuk mengikuti tes wawancara. Jumlahnya 145 orang.

Setelah dites wawancara, setiap kecamatan diambil tiga orang yang dinyatakan lolos serangkaian seleksi. Adapun pengumumannya dilakukan Rabu (26/10/2022) dini hari.

Ketua Pokja Rekrutmen Panwaslu Bawaslu Wonogiri, Isnawanti Sholihah, mengatakan seusai diumumkan, 75 pendaftar yang lolos diminta menjalani tes kesehatan pada hari yang sama dengan pengumuman. Tesnya meliputi bebas narkoba dan tes kesehatan jasmani dan rohani yang dilakukan di RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso.

Baca Juga: Ini Daftar Parpol di Wonogiri yang Dilaporkan Mencatut Nama Warga

“Tujuannya sebagai pemenuhan syarat yang diberikan Bawaslu Pusat sekaligus memastikan Panwascam dapat menjalankan tugas secara optimal. Kami dorong semuanya agar mengikuti tes ini. Jika tidak melaksanakan, yang bersangkutan tidak bisa kami lantik,” ucapnya kepada Solopos.com, Rabu.

Adapun biaya tes kesehatan lanjutan bagi 75 orang tersebut menggunakan dana masing-masing. Total biayanya Rp555.000, meliputi pemeriksaan vital sign, tindakan poliklinik jiwa, konsul jiwa, dan tes narkoba.

Hasil tes bebas narkoba dan tes kesehatan jasmani dan rohani dijadwalkan keluar, Kamis (27/10/2022). Hari berikutnya, Jumat (28/10/2022), seluruh Panwascam terpilih bakal dilantik di Rumah Makan Alami Sayang Ngadirojo.

“Dalam pelantikan besok [Jumat], Bawaslu akan mengundang Ketua Bawaslu Provinsi dan Pak Bupati juga Forkopimda serta stakeholder pemilu. Setelah pelantikan akan ada pembekalan dari narasumber eksternal dan internal,” imbuhnya.

Baca Juga: Ini Alasan Warga Wonogiri Harus Terlibat Pengawasan Partisipatif di Pemilu 2024

Ketua Bawaslu Wonogiri, Ali Mahbub, menambahkan, 75 anggota Panwascam terdiri atas 53 laki-laki dan 22 perempuan. Ia berharap, seluruh Panwascam dapat mengemban amanah sebaik mungkin dan dapat menunjukkan profesionalitas, integritas, dan menjaga netralitas.

“Setelah dilantik, mereka [Panwascam] langsung bertugas melakukan pengawasan verifikasi faktual keanggotaan partai politik di wilayah masing-masing. Soalnya, sekarang ini kan tahapan verifikasi faktual sudah berlangsung. Jadi Bawaslu punya tugas mengawasi seluruh tahapan Pemilu agar berjalan lancar,” tutur Ali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya