SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pilkada Sragen (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, SRAGEN—Sebanyak delapan partai politik (parpol) yang memiliki kursi di DPRD Sragen berpotensi menggalang koalisi untuk kepentingan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sragen 2024.

Dari delapan parpol tersebut, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) paling dominan mendapatkan suara dalam Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) 2024, yakni 187.345 suara.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Sementara perolehan suara untuk Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golkar, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) hampir imbang karena selisih suara mereka tidak terpaut jauh.

Sebelumnya, muncul tujuh nama yang masuk bursa Pilkada Sragen 2024. Kemudian muncul nama-nama tambahan yang bakal ikut berkompetisi dalam Pilkada.

Nama Bambang Samekto, politikus PDIP asal Gondang, Sragen, juga disebut-sebut bakal maju dalam Pilkada. Saat ditanya Solopos.com beberapa waktu lalu masih enggan menyampaikan rencananya, termasuk potensi koalisi. Saat ditanya mau bergabung dengan siapa? Bambang menjawab bergabung dengan masyarakat. “Kalau niat sudah ada sejak 2010 lalu,” ujar dia.

Selain Bambang Samekto, ada Tri Agung Bayuseno, politikus Partai Gerindra asal Gemolong, Sragen, yang disebut-sebut masuk bursa pilkada. Bayuseno, sapaannya, justru tidak tahu soal bursa pilkada.

“Apa saya bisa masuk bursa? Kan masih banyak tokoh Sragen yang kapabel untuk pilkada nanti. Pada dasarnya pemimpin yang baik itu adalah sosok yang bisa mengayomi semua lapisan masyarakat dan tentunya diinginkan serta dikehendaki masyarakat sendiri,” ujarnya kepada Solopos.com, belum lama ini.

Bayuseno mengaku sering komunikasi dengan Ketua DPD II Partai Golkar Sragen Pujono Elli Bayu Efendi. Dia menyampaikan Sragen itu lumayan luas dan secara geografis dibelah oleh Bengawan Solo.

Dia mewacanakan akan lebih baik jika ada keterwakilan dari wilayah utara dan selatan Bengawan Solo. Saat ditanya Bayuseno mewakili utara Bengawan Solo, dia hanya tertawa seraya menjawab, “Saya monitor saja.”

Sementara itu, Ketua DPD II Partai Golkar Sragen Pujono Elli Bayu Efendi mengaku berkomunikasi intensif dengan Ketua DPC Partai Gerindra Wahyu Dwi Setyaningrum dan Ketua DPC Partai Demokrat Budiono Rahmadi serta Bayuseno dan Bambang Samekto.

Bayu, sapannya, selain mereka juga ada dua tokoh di luar Sragen yang siap meramaikan Sragen. Dua tokoh itu berasal dari Jakarta dan Surabaya. “Namanya kami sembunyikan dulu. Kami matangkan dulu. Kalau sudah fixed nanti kami sampaikan ke media,” ujarnya.

Peta Kekuatan Parpol-Parpol Potensial Koalisi dalam Pilkada Sragen 2024

Nama Partai                                                   Jumlah Suara Pileg

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)          74.628 suara

Partai Gerindra                                             65.018 suara

PDI Perjuangan                                            187.345 suara

Partai Golkar                                                  80.985 suara

Partai Nasdem                                              18.099 suara

Partai Keadilan Sejahtera (PKS)             79.993 suara

Partai Amanat Nasional (PAN)               37.367 suara

Partai Demokrat                                           54.338 suara

Sumber: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen (trh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya