SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Solopos.com, WONOGIRI—Pemerintah desa (Pemdes) Wonogiri menyatakan 88 lowongan perangkat desa di Wonogiri telah terisi setelah dilakukan ujian secara serentak di kantor desa masing-masing pada Senin (23/12/2013) lalu.

Pemdes Wonogiri, Sriyono kepada Solopos.com, Rabu (25/12), menjelaskan pihaknya akan menyampaikan laporan hasil tes kepada Bupati Wonogiri terkait pelantikan yang dilaksanakan 30 Desember mendatang.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Termasuk melaporkan jumlah pelamar yang tidak lolos dalam ujian tersebut. “Semua lowongan sudah terisi, tinggal menunggu pelantikannya,” bebernya.

Terkait isu bocornya soal, lanjut Sriyono, hal itu wewenang pihak panitia seleksi, kecamatan selaku pihak pembuat soal ujian dan pihak desa setempat, kami hanya sebagai fasilitator dan monitoring saja.

Sementara itu, isi merebaknya bocornya soal ujian perangkat desa di Desa Tirtoswoto, Kecamatan Giriwoyo, pihak kecamatan dan desa tetap menyatakan peserta yang memeroleh hasil nilai tertinggi yang bakal menang.

“Tetap sah, peserta itu tinggal menunggu pelantikan nanti. Proses penyelenggaraan dan hasil ujian sudah berjalan sesuai Peraturan daerah (Perda),”papar Camat Giriwoyo, Sariman.

Terkait acaman yang diterimanya melalui pesan singkat, yang berisi menanyakan arah penjualan dan pembelian soal tersebut, ia hanya menekankan kepada kepala desa setempat dan warganya untuk tidak terpancing dengan situasi tersebut.

Hingga saat ini, isu tersebut tidak terbukti ada. Selajutnya, ia mempersilakan kepada pihak yang dirugikan kepada pihak kepolisian bila terbukti ada kerucarang. “Kami tunggu hingga pelantikan nanti, apakah ada gejolak atau tidak,” paparnya.

Di sisi lain, Kepala Desa Tirtoswoto, Daryatmo menjelaskan dari lima perserta yang ikut dalam ujian itu, nilai tertinggi peserta berada di angka 9,5 dan diurutan kedua di posisi 7,8. “Yang lolos itu perempuan dengna nilai tertinggi itu 9,5 dan sah menjadi kepala dusun Ngampel. Dia pernah belajar di SMK namun belum lulus,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya