SOLOPOS.COM - Peserta seleksi Panwascam Kabupaten Karanganyar mengikuti computer assisted test (CAT) di SMKN 2 Karanganyar, Sabtu (15/10/2022). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Sebanyak 57 peserta seleksi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) absen dalam computer assisted test (CAT) yang digelar Bawaslu Kabupaten Karanganyar, Sabtu (15/10/2022) di SMKN 2 Karanganyar. Secara otomatis, mereka gugur mengikuti tahapan tes selanjutnya.

Dalam perekrutmen Panwascam ini terdapat 416 pendaftar. Dari jumlah tersebut, 398 dinyatakan lolos administrasi dan berhak mengikuti CAT. Pelaksanaan CAT ini dilakukan sehari dan dibagi dalam tiga sesi di enam ruang komputer SMKN 2 Karanganyar. Namun pada hari-H CAT, sebagian peserta absen.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Ketua Bawaslu Karanganyar, Ridwanita Priliastuti, mengatakan para peserta tersebut tidak memberikan keterangan kenapa mereka tak hadir. “Ada 57 yang tidak hadir mengikuti ujian CAT ini. Kami tidak tahu kenapa. Tapi mungkin mereka absen karena berbenturan dengan kepentingan lainnya. Mungkin juga ada yang PNS,” ujarnya di sela-sela ujian CAT.

Sebenarnya, menurut Ridwanita, PNS boleh saja mendaftar dan menjadi panwascam. Tapi ada ketentuan-ketentuan khusus.

Baca Juga: 398 Peserta Ikuti Tes Tertulis Panwascam di Karanganyar Besok

Menurutnya, dengan absennya peserta tersebut maka secara otomatis mereka gugur dan tidak berhak mengikuti tahapan seleksi selanjutnya. Nilai hasil CAT langsung bisa diketahui oleh masing-masing peserta.

Enam orang peraih nilai tertinggi untuk masing-masing kecamatan akan langsung lolos mengikuti tes selanjutnya, yakni wawancara. “Nilai peserta bisa langsung dilihat setelah mereka selesai mengerjakan CAT di komputer. Enam peserta dengan nilai tertinggi di masing-masing kecamatan akan diumumkan 17 atau 18 Oktober. Setelah itu enam orang ini mengikuti tes wawancara pada 19-22 Oktober,” imbuhnya.

Salah satu peserta yang mendaftar untuk mengisi Panwascam Jaten, Esu Aji, mengatakan ada 100 soal pilihan ganda pada CAT tadi. Soal ini menggali pengetahuan peserta tentang kepemiluan, Undang-undang, pengawasan pemilu, wawasan kebangsaan, dan sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya