SOLOPOS.COM - Warga memadati serambi untuk mengikuti salat Jumat perdana di Masjid Raya Sheikh Zayed, Gilingan, Banjarsari, Solo, Jumat (3/3/2023). (Solopos/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLO–Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bakal menindaklanjuti sejumlah barang jamaah Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo yang hilang. Gibran bakal meningkatkan keamanan masjid.

Hal itu dilakukan Gibran seusai menerima aduan warga kepada Pemkot Solo. Salah satunya melalui Unit Layanan Aduan Surakarta (ULAS).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Salah satunya Nurlaella Mirza Diany membuat aduan melalui ULAS tentang keamanan di Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo. Dia mengatakan pengalaman berkunjung ke Masjid Raya Sheikh Zayed ketika kondisi penuh dan berdesakan.

“Mohon keamanannya lebih diperketat lagi. Barusan suami saya salat Jumat di sini. HP [handphone]-nya hilang,” tulisnya, Jumat (3/3/2023).

Gibran ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Senin (6/3/2023) sore, mempertanyakan aduan itu apakah kehilangan HP akibat copet atau penyebab lainnya. “Nanti kami tindak lanjuti. Hati-hati kalau ke sana ya,” papar dia.

Dia mengatakan bakal menambah keamanan Masjid Raya Sheikh Zayed, terlebih ketika kondisi ramai seperti ibadah salah Jumat, antara lain menambah petugas yang bersiaga, x-ray security, kamera closed ciscuit television (CCTV).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo Ahyani mengimbau kepada pengunjung maupun jamaah Masjid Raya Sheikh Zayed untuk tidak membawa barang berharga ke masjid. Warga bisa membawa alas kaki masuk ke masjid dengan membawa kantong.

“Sandal jepit kadang keliru mungkin saja. Bawa sandal itu bawa tas. Tas bisa dibawa masuk, bisa disanding,” ujar dia.

Warga lain juga membuat aduan melalui ULAS, Dani Irfan Kamalita, supaya Wali Kota Solo membuat tanda peringatan atau menertibkan tempat yang tidak diperbolehkan untuk duduk atau tiduran di area Masjid Raya Sheikh Zayed, antara lain di ornamen nama masjid di sisi utara masjid.

“Pengunjung akan mengambil foto sedikit terganggu dengan adanya pengunjung yang duduk kadang tiduran tepat di tulisan,” tulis dia.

Pantauan Solopos.com ornamen tulisan Masjid Raya Sheikh Zayed di sisi utara menjadi pusat perhatian pengunjung sejak sebelum Masjid Raya Sheikh Zayed dibuka untuk umum. Warga berfoto dengan latar bangunan masjid atau tulisan nama masjid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya