SOLOPOS.COM - Perayaan HUT Sragen 2013 (Sri Sumi Handayani/JIBI/Solopos)

HUT Sragen diperingati dengan berbagai kegiatan.

Solopos.com, SRAGEN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen menggelar berbagai kegiatan untuk memeriahkan Hari Jadi ke-271 Kabupaten Sragen.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Rangkaian kegiatan yang dimulai sejak April lalu menelan anggaran hampir Rp1 miliar. Kendati dikritik beberapa kalangan, rangkaian kegiatan tetap dilaksanakan sesuai jadwal.

Kabag Humas Sekretariat Daerah (Setda) Sragen, Sriyono, memerinci sejumlah agenda kegiatan yang berlangsung dalam perayaan Hari Jadi Sragen kepada Kamis (4/5/2017) pagi.

Dia menyebut kegiatan paling dekat berupa sepeda sehat atau fun bike pada Minggu (7/5/2017) dengan start dan finis di Alun-alun Sasana Langen Putra. Pada hari yang sama digelar lomba drag bike memperebutkan Piala Bupati di sepanjang Jl. Raya Sukowati Sragen.

Pada Minggu (14/5/2017), Pemkab menggelar car free day spesial Hari Jadi Sragen yang dimeriahkan dengan acara senam massal, senam jantung sehat, tari kotemporer, pagelaran seni tradisional, barongsai, organ tunggal, dan pentas seni pelajar.

Pada Senin-Rabu (15-17/5/2017), Pemkab melaksanakan Festival Anggaran Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) yang dipusatkan di Gedung Kartini Sragen. Kegiatan itu juga dimeriahkan dengan promosi produk unggulan daerah, festival kuliner khas Sragen, dan lomba cipta menu.

“Masih ada lagi kegiatan yang lebih menarik lagi, yakni pada Sabtu [20/5/2017] malam. Mulai pukul 19.30 WIB, di sepanjang Jl. Raya Sukowati akan mementaskan sejumlah genre musik, seperti musik pop dengan bintang tamu Ari Lasso di Pendapa Sumonegaran, musik jazz di Taman Kridoanggo, cokekan atau campursari di depan Pasar Kota, tembang kenangan di depan Toko Mebel Surabaya, seni hadrah di depan Masjid Al Falah, dan musik dangdut dari Orkes Melayu (OM) Sera dengan bintang tamu Via Vallen di Alun-alun,” ujar Sriyono.

Pada Rabu (24/5/2017) siang, Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati akan meresmikan gedung Instalasi Gawat Darurat RSUD dr. Soehadi Prijonegoro, Kantor Kecamatan Tangen, Jenar, Kalijambe, dan Sukodono, Gedung RSUD dr. Soeratno Gemolong, dan Jembatan Samodro di Dukuh Barong, Desa Pendem, Sumberlawang.

Kemudian pada Rabu malamnya diadakan upacara adat tumpengan di Alun-alun Sasana Langen Putra. Upacara adat itu biasanya digelar pada hari lahirnya Sragen, yakni setiap 27 Mei.

“Upacara tumpengan sengaja diadakan pada Rabu malam bersamaan dengan resepsi peringatan hari jadi. Acara itu diikuti seluruh aparatur sipil negara (ASN). Pada momentum itu akan diluncurkan batik khas Sragen, produk inovasi Sragen, dan tampilan tari kreasi baru. Untuk malam tirakatan di setiap RT akan dilaksanakan pada Kamis [25/5/2017] dan dipusatkan di Pendapa Desa Krikilan, Kecamatan Masaran,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya