SOLOPOS.COM - Ribuan durian lokal dijual murah di bazar durian di Pujasera Karanganyar pada Rabu (18/1/2023). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Ribuan durian lokal diobral murah di pesta bazar durian di Pujasera, Karanganyar. Bazar durian lokal ini digelar selama lima hari, yakni Rabu-Minggu (18-21/1/2023).

Harga durian yang dijual mulai Rp100.000 dapat tiga buah hingga termahal yakni durian musang lokal Rp120.000 per buah. Seluruh durian ini bergaransi. Artinya buah yang dibeli tidak enak bisa langsung diganti.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kegiatan tersebut diselenggarakan Pemuda Pancasila Karanganyar bekerja sama dengan Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Transmigrasi (Disnakertrans) setempat.

Berdasarkan pantauan Espos, warga langsung menyerbu bazar durian lokal yang baru dibuka pada pukul 09.00 WIB. Ada durian lokal dari Jumantono, Jumapolo, Jatiputo, Matesih, Kerjo dan Jenawi.

“Kita jual harganya ada Rp100.000 dapat tiga, sampai Rp120.000 per buah. Yang paling mahal itu durian musang lokal besar-besar,” ujar Koordinator Komunitas Bandar Durian Satrio Solo Grup, Yanto Didin, kepada Solopos.com, Rabu.

Durian seharga Rp120.000/buah jika di pasaran harganya bisa Rp250.000 per buah. Durian itu jumbo sehingga dijual paling mahal. Namun dari segi rasa, Yanto menjamin seluruh durian yang dijual enak. “Semua durian kita garansi,” katanya.

Di bazar ini, Yanto membawa 3.000 lebih buah durian berbagai ukuran. Semuanya murni lokal Karanganyar. Dia menghimpun durian-durian dari para petani di wilayah Jumantono dan sekitarnya.

Menurutnya durian lokal Karanganyar cukup khas dari segi rasa. Selain legit atau manis, juga ada rasa pahit. Berbeda dengan durian musang atau bangkok, rasanya hanya manis.

Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan roda ekonomi warga sekaligus menyambut panen raya durian Karanganyar. Bazar dibuka 24 jam nonstop. Panitia juga menyediakan tempat bagi pembeli yang ingin makan durian di lokasi.

Salah satu pembeli durian hari itu adalah Restini, Warga Cangakan, Karanganyar, ini mengaku sangat suka durian lokal Karanganyar. Harga durian di bazar yang  terjangkau juga menggoda Restini untuk datang dan beli.

“Begitu tahu ada bazar durian saya langsung datang ke sini. Durian lokal Karanganyar enak pol,”kata wanita penyuka durian ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya