SOLOPOS.COM - Pengumuman terkait penyelenggaraan car free night saat malam pergantian tahun, Sabtu (31/12/2022). (Istimewa/DKUKMP Klaten)

Solopos.com, KLATEN — Selain pentas musik, Pemkab Klaten bakal menggelar car free night (CFN) di sepanjang Jl. Pemuda saat malam pergantian tahun, Sabtu (31/12/2022) malam. CFN digelar di ruas Jl. Pemuda dari simpang empat Bareng hingga rumah dinas bupati.

Kepastian gelaran CFN saat malam tahun baru itu disampaikan Bupati Klaten, Sri Mulyani, saat ditemui di Desa Pundungan, Kecamatan Juwiring, Selasa (27/12/2022).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Nanti penutupan jalan dimulai pukul 18.00 WIB. Penutupannya dilakukan dari simpang empat Bareng sampai pojokan rumah dinas. Soalnya di rumah dinas itu menjadi area parkir pejabat daerah dan transit. Rencananya nanti kami bersama OPD jalan kaki ke alun-alun,” kata Mulyani.

Selain panggung pentas musik yang dipusatkan di alun-alun, Mulyani mengatakan ruas Jl. Pemuda yang ditutup bisa dimanfaatkan pedagang untuk berjualan. Namun, lokasi jualan di tepi jalan tetap memperhatikan ruang bagi para pejalan kaki.

“Memang di sisi jalan nanti untuk jualan kuliner. Ini sebagai syukuran dalam rangka melepas tahun 2022 dan menyambut tahun 2023. Semuanya harus happy. Yang datang untuk joget harus happy, pedagang juga harus happy. Tujuan kami ingin membangkitkan ekonomi,” ujar dia.

Baca Juga: Warga Klaten Dilarang Nyalakan Mercon saat Malam Tahun Baru, Kembang Api Boleh

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (DKUKMP) Klaten, Anang Widjatmoko, mengatakan kawasan yang diizinkan untuk berjualan di CFN Jl. Pemuda saat malam pergantian tahun sudah diatur. Kawasan itu yakni dari simpang empat Nagamas Bareng hingga simpang lima Matahari.

Kawasan lainnya yang diizinkan untuk berjualan PKL yakni dari simpang empat Laris hingga simpang empat Penyet Surabaya. Lokasi berjualan berada di jalur lambat lantaran jalur utama menjadi akses lalu lalang pejalan kaki.

Agar bisa berjualan saat CFN, Anang mengatakan pedagang hanya dipersilakan mendatangi lokasi. Selama tempat yang disediakan dan diizinkan berjualan masih ada, bisa menempati ruang tersebut.

Sementara itu, kawasan sekitar alun-alun serta gedung Sunan Pandanaran dipastikan steril dari PKL. Alun-alun steril PKL karena tergolong zona merah dari PKL.

Baca Juga: Ini Dia Daftar Umbul Baru di Klaten, Layak Dikunjungi saat Momen Liburan

“Dari Bu Bupati dan Pak Sekda menyampaikan karena alun-alun tidak boleh untuk berjualan, akhirnya dicarikan ruang berjualan di Jl. Pemuda,” kata Anang.

Sebagai informasi, pentas akhir tahun bakal digelar di Alun-alun Klaten, Sabtu (31/12/2022) malam. Pada pentas tersebut, Pemkab mengundang sejumlah artis ternama yakni Abah Lala, Budi Cilok, Evan Loss, serta Aneth Koeswoyo, dan grup musik lokal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya