SOLOPOS.COM - Alun-Alun Klaten di Jl Pemuda, Klaten, yang baru selesai penataan. (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Pemkab Klaten telah memutuskan agenda Car Free Night atau CFN di Jl Pemuda, Klaten, bakal digelar mulai Sabtu (11/2/2023) malam. CFN digelar rutin sekali dalam sebulan pada akhir pekan kedua.

Kalangan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan pedagang kaki lima (PKL) bakal diberi tempat untuk berjualan di ajang tersebut. Kendati begitu, Pemkab memastikan kawasan Alun-Alun Klaten tetap steril alias tidak boleh dipakai untuk berjualan.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Sebagaimana diinformasikan sebelumnya, car free night akan berlangsung di Jl Pemuda mulai dari Simpang Lima Plasa Klaten hingga Simpang Empat Kantor Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperakim) Klaten. CFN dibuka mulai pukul 19.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jajang Prihono, saat diwawancarai Solopos.com, Jumat (27/1/2023) lalu, mengatakan rencananya lapak pedagang hanya diizinkan di satu sisi ruas jalan yaitu sisi timur atau kiri jalan dari arah Simpang Lima Plasa Klaten.

Bupati Klaten Sri Mulyani juga mengatakan hal senada. Menurutnya, CFN di Jl Pemuda yang akan digelar sebulan sekali itu hampir mirip dengan car free night perayaan Malam Tahun Baru lalu.

Hanya satu sisi jalan yang boleh untuk berjualan. “Alun-alun tetap steril dari PKL. Sudah ada perbup [peraturan bupati] bahwa di sana termasuk zona merah dari PKL,” katanya belum lama ini.

Ketentuan bagi PKL

Solopos.com belum mendapatkan informasi mengenai jumlah pelaku UMKM ataupun PKL yang boleh berjualan di area CFN. Begitu juga apakah mereka perlu mendaftar dulu ke instansi terkait sebelum diperbolehkan berjualan di CFN.

Berdasarkan catatan Solopos.com pada CFN di Jl Pemuda, Klaten, saat Malam Tahun Baru lalu, tidak ada ketentuan khusus bagi para PKL. Yang terpenting mereka bongkar pasang tenda atau lapak dan tidak boleh berjualan di area Alun-alun Klaten yang juga berada di Jl Pemuda.

Sebelumnya, Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya, menjelaskan car free night di Jl Pemuda akan diresmikan oleh Bupati Klaten Sri Mulyani pada Sabtu [11/2/2023] malam. Rencananya agenda itu dirutinkan setiap pekan kedua, sekali dalam sebulan.

Kegiatan CFN di Jl Pemuda itu digelar untuk memfasilitasi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Klaten serta menjadi tempat hiburan warga Kabupaten Bersinar. “Tujuannya untuk memfasilitasi UMKM dan masyarakat supaya ada pergerakan perekonomian. Selain itu untuk meramaikan kawasan perkotaan,” jelas dia kepada wartawan, Jumat (3/2/2023).

Terkait para pelaku usaha pertokoan di sepanjang ruas Jl Pemuda yang bakal digunakan untuk CFN, Yoga menjelaskan Pemkab segera memberikan sosialisasi ihwal rencana itu. “Kami berharap dari para pelaku usaha bisa memahami dan bekerja sama. Tujuan dari kegiatan ini untuk menggerakkan UKM di Klaten,” ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya