SOLOPOS.COM - Kondisi Jl. Kartini Solo yang steril dari parkir, Minggu (22/1/2023). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLOKota Solo menjadi tuan rumah Porseni Nahdlatul Ulama (NU), di mana salah satu rangkaiannya berupa Jalan Sehat Menuju 1 Abad NU, Minggu (23/1/2023) pagi. Namun penghasilan sejumlah juru parkir Solo Car Free Day (CFD) justru turun pada kesempatan tersebut.

Hal itu seperti yang dialami salah satu juru parkir yang biasa bertugas saat Solo CFD, Pujilestari, 35. Dia menjelaskan kantong parkir yang dikelola di pertigaan Jl. Slamet Riyadi dengan Jl. Kartini, Solo steril dari kendaraan.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Dari Ngapeman sampai Jl. Ronggowarsito steril. Parkir masuknya Balai Muhammadiyah Solo,” kata dia kepada Solopos.com.

Dia mengatakan beberapa pemilik sepeda motor ada yang parkir di Jl. Kartini namun jumlahnya sedikit. Hanya pelanggan yang parkir dengan memakai emperan bangunan atau toko.

Berdasarkan pantauan Solopos.com pertigaan Jl. Slamet Riyadi dengan Jl. Kartini didirikan tenda untuk membagikan makanan kepada peserta Jalan Sehat Menuju 1 Abad NU. Para peserta beristirahat di sekitar lokasi setelah mengikuti jalan sehat yang dihadiri Presiden Jokowi tersebut.

Salah satu jukir yang mengelola kantong parkir di seberang Sami Luwes Solo, Sunardi, 62, mengatakan pendapatan parkir turun sekitar 25 persen dari pendapatan Solo CFD biasanya. Dia menduga sejumlah orang yang biasa parkir di tempat dia kelola mengarah ke Sriwedari.

“Mungkin pada beralih parkir di Sriwedari atau di Manahan,” jelasnya.

Juru parkir di sekitar Ngapemen, timur Novotel Solo, Hendri, 47, mengatakan pendapatan parkir sama seperti biasanya. Hendri sudah puluhan tahun menjadi jukir di Kota Solo.

Adapun Dinas Perhubungan Solo tetap membuka Solo CFD namun segmen Jl. Jenderal Sudirman ditiadakan untuk akses peserta Jalan Sehat Menuju 1 Abad NU. Solo CFD hanya diberlakukan mulai simpang Purwosari sampai Bundaran Gladak.

Sebelumnya, Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo, mengumumkan lokasi parkir Jalan Sehat Menuju 1 Abad NU kepada wartawan, yakni, Jl. Hasanudin. Selanjutnya  Jl. Dr. Soepomo, Jl. Dr. Cipto, Jl. Bhayangkara, Jl. Museum, Jl. Imam Bonjol, Benteng Vastenburg. Jl Ronggowarsito ditutup mulai pukul 04.00 WIB.

Jalan yang digunakan sebagai rute jalan sehat steril dari parkir, yakni Pura Mangkunegaran, Jl. Ronggowarsito, Jl. Dr. Sutomo, Jl. Slamet Riyadi, Jl. Diponegoro, dan finish di Pura Mangkunegaran. Akses kendaraan dari utara ke selatan atau sebaliknya tersedia di simpangan Gendengan, simpang Ngapeman, dan simpang Nonongan.

Kendaraan belum bisa melalui Jl. Kartini, Jl. Diponegoro, Jl. Teuku Umar pukul 09.00 WIB sampai 11.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya